Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Bengkuang atau biasa disebut juga dengan nama bengkoang merupakan tanaman umbi-umbian yang berasal dari amerika tropis. Tanaman merambat ini masuk keindonesia pertama kali melalui daerah ambon, kemudian menyebar dibeberapa daerah seperti Madura dan jawa.

manfaat bengkuang

Umbi bengkuang merupakan salah satu bahan makanan, rasanya yang manis dan menyegarkan, menjadikannya salah satu buah favorit masyarakat. Umbi bengkuang bisa dimakan langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi rujak dan asinan.

Manfaat bengkuang untuk kesehatan

Selain enak dimakan, bengkuang ternyata cukup berkhasiat dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Umbi bengkuang mengandung agen pemutih yang dapat menjadikan kulit tampak lebih putih dan mampu menyamarkan plek hitam dan pigmentasi pada kulit tubuh dan wajah. Umbi bengkuang juga bisa menjadi sumber antioksidan bagi tubuh karena kaya akan kandungan vitamin C dan senyawa fenol. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam bengkuang.
Air, pati, protein, lemak, vitamin (A, B1, dan C), kalori, kalsium, karbohidrat,dan  fosfor, dan serat. Terdapat juga beberapa zat dan senyawa penting seperti fenolik, flavonoid, tanin, dan fitoestrogen.

Manfaat umbi bengkuang

Sejumlah manfaat umbi bengkuang untuk tubuh, tentunya tidak terlepas Dari kandungan gizi didalamnya. Berikut beberapa manfaat umbi bengkuang sebagai tanaman obat, berdasarkan dan kandungan gizi yang berperan.
  1. Vitamin C, flavonoid, dan saponin dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mencegahnya dari kerusakan akibatradikal bebas. Vitamin C juga berperan dalam menangkal radikal bebas penyakit diabetes, kanker, jantung, dan stroke.
  2. Zat fenolik berperan dalam menghambat pigmentasi pada kulit akibat paparan sinar matahari, menyamarkan bekas jerawat dan plek hitam pada kulit wajah.
  3. Vitamin B1 dapat melancarkan metabolisme tubuh dan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi otak dan melindunginya dari kerusakan syaraf.
  4. Kalsium, Fosfor, dan Zat Inulin dalam bengkuang dapat membantu penguatan tulang dan mencegah osteoporosis.
  5. Kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat melindungi tubuh dari dehidrasi. Umbi bengkuang juga kaya akan serat, sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar, dan mempertahankan kondisi kenyang cukup lama. Hal ini tentu saja baik bagi anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.
  6. Bagi para wanita yang lanjut usia, konsumsi bengkuang sangat baik. Kandungan fitoestrogen sangat bagi para wanita menopause.

gambar biji bengkuang

Tapi perlu anda perhatikan juga, tidak semua bagian tanaman bengkuang aman untuk dikonsumsi. Bagian biji dan daun bengkuang beracun karena mengandung rotenon dan rotenoid.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top