Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Indonesia adalah salah satu Negara yang dikenal dengan kekayaan alamnya, khususnya berbagai macam jenis tumbuhan. Banyak jenis tumbuhan bisa ditemukan dinegara kita, tidak terkecuali tanaman obat. Kita bisa menemukan aneka tanaman obat secara mudah apalagi bagi anda yang tinggal di pingiran kota dimana masih banyak lahan kosong dan mungkin hutan-hutan kecil tempat tumbuhnya tanaman tersebut., atau bahkan dipekarangan rumah anda ditumbuhi juga beberapa tanaman obat, tapi karena kurangnya pengetahuan anda, maka tanaman tersebut kurang anda perdulikan.

aneka tanaman obat
Aneka jenis tanaman obat di indonesia memang sangat beragam dan bisa digolongkan kedalam beberapa kelompok seperti tanaman semak, tanaman buah, jahe-jahean, umbi-umbian, dan tanaman rempah.

1. Tanaman Semak (Perdu)
tanaman semak untuk obat

Tanaman semak atau sering juga disebut sebagai perdu merupakan kelompok tanaman dengan ketinggian kurang dari 6 meter. Disebut tanaman semak karena tempat tumbuhnya umumnya di area semak-semak. Beberapa jenis tanaman obat yang digolongkan kedalam tanaman semak diantaranya: lavender, bandotan, paku-pakuan, ajeran, tapak liman, temu wiyang, putri malu, awar-awar, talas, antanan, sintrong, wedelia, genjer, kirinyuh, salak, mahkota dewa, tempuyung, sirih, alang-alang, dan lain-lain.

2. Tanaman Buah
aneka tanaman buah
Tanaman buah mungkin tidak perlu saya uraian secara rinci, karena anda tentu sudah memiliki gambaran tersendiri dari tanaman ini. Beberapa contoh tanaman buah yang berkhasiat sebagai obat antara lain: mangga, jeruk, belimbing, pepaya, mengkudu, manggis, sirsak, jambu, kelapa, rambutan,sukun,dll.

3. Tanaman Jahe-jahean
Tanaman obat yang termasuk kedalam suku jahe-jahean sangatnya banyak, berikut adalah beberapa jenis tanaman yang sering dimanfaatkan bagian rimpangnya sebagai obat, sebagaian tanaman dari jenis jahe-jahean ini sering pula digolongkan sebagai tanaman rempah karena banyak digunakan untuk melengkapi racikan bumbu dapur dirumah. Berikut beberapa contoh jahe-jahean yang secara umum sudah dikenal oleh masyarakat, antara lain : jahe, kunyit, lengkuas, laja, kencur, lempuyang, dll.

4. Tanaman Umbi-umbian
Tanaman umbi-umbian yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat cukup banyak terdapat diindonesia, diantaranya: temulawak, singkong, kentang, ubi, wortel, bawang merah, bawang putih, bengle, bidara upas, gadung, bengkuang, dringo, dan sebagainya.

5. Tanaman Rempah
Tanaman obat yang merupakan tanaman rempah dan sayuran antara lain sereh, bawang, cabe, tomat, cengkeh, pala manis, terong, bayam, kangkung, selada, brokoli, kemangi, dan lain sebagainya.

Penggunaan tanaman-tanaman tersebut sebagai obat bisa dengan mencampurkan beberapa jenis tanaman menjadi satu ramuan mujarab tentunya sesuai dengan resep obat yang telah dibuat oleh para spesialis peracik obat herbal. Anda bisa mencari cara pembuatan obat dengan menggunakan tanaman yang telah disebutkan diatas melalui beberapa sumber seperti buku, majalah kesehatan, ataupun internet.

Selain yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak tanaman lainnya baik yang tergolong kedalam jenis tanaman semak, buah, rempah, jahe-jahean, ataupun umbi-umbian yang belum saya cantumkan pada artikel ini, silahkan anda cari literatur lainnya demi memperkaya pengetahuan dan wawasan anda seputar aneka tanaman obat Indonesia.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top