Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sebelum masuk ke pokok pembahasan tentang aneka jenis tanaman obat asam urat, terlebih dahulu saya ulas sedikit apa itu penyakit asam urat dan penyebabnya.

mengenal berbagai tanaman obat asam urat

Asam urat merupakan penyakit yang ditimbul akibat kelebihan zat purin dalam tubuh. Zat ini diolah menjadi asam urat oleh tubuh. Tapi bila jumlahnya berlebih. Ginjal tidak bisa mengeluarkannya, akibatnya akan terjadi penumpukan Kristal asam urat pada persendian. Efek yang ditimbulkan yaitu rasa nyeri, pembengkakan dan peradangan sendi. Purin merupakan salah satu zat yang terdapat pada setiap makanan yang kita konsumsi baik dari sumber hewani ( ikan dan daging ) ataupun nabati ( sayur-sayuran dan buah-buahan).

Untuk mencegah peradangan berlebihan pada penderita, ada beberapa saran yang dianjurkan oleh ahli kesehatan, diantaranya:
Hindari konsumsi makanan laut , jeroan, makanan yang mengandung unsur daging, makanan berbahan daging, makanan kaleng, kacang-kacangan, beberapa jenis sayur ( kol, bayam, jamur kuping, daun papaya, buncis, daun singkong, asparagus, dan kangkung), beberapa jenis buah-buahan (nanas, durian, kelapa), makanan dengan kadar protein dan lemak tinggi, telur, keju, kaldu, es krim, dan kuah daging yang kental.

5 Tanaman obat untuk asam urat.

Pengobatan yang bisa anda lakukan yaitu dengan penanganan medis, atau dengan memanfaatkan obat herbal yang berasal dari beberapa jenis tumbuhan berkhasiat. Berikut beberapa jenis tanaman obat untuk asam urat yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit asam urat.

1. Kumis kucing
Efek diuretik yang dimiliki tanaman kumis kucing dapat mengeluarkan timbunan asam urat berlebih dalam tubuh. Garam kalium yang banyak terdapat dalam kumis kucing juga mampu menghancurkan kristalisasi asam urat yang menempel pada persendian dan mengeluarkannya melalui saluran kencing.

2. Daun salam
Selain sebagai obat herbal diabetes alami, Daun salam juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi asam urat. Kandungan zat tannin dalam daun salam sangat bermanfaat dalam menanggulangi kadar asam urat dan juga kolsterol dalam tubuh.

3. Sambiloto
Sambiloto mengandung kalium yang berfungsi dalam menghancurkan endapan Kristal asam urat pada bagian persendian tulang.

4. Anting-anting
tanaman obat asam urat
Tanaman yang memiliki nama lain seperti akar kucing atau rumput koskosan ini memiliki sifat anti-radang sehingga baik dalam mencegah terjadinya peradangan akibat timbunan asam urat pada persendian.

5. Meniran
Tanaman ini memiliki sifat diuretik yang bermanfaat mengeluarkan endapan asam urat pada tubuh.
tanaman meniran

Selain kelima tanaman yang telah disebutkan diatas, masih banyak tanaman obat asam urat lainnya yang bisa anda gunakan, diantaranya: jahe, cengke, akar pepaya gantung, kulit manggis, sidaguri, dan sebagainya.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top