Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Manfaat daun kelor dan cara pengolahannya untuk obat : Seperti yang telah diulas pada artikel sebelumnya mengenai tanaman kelor berikut kandungan gizi serta khasiat yang dimiliki dari setiap bagian pohonnya, pada artikel kali ini akan diulas secara lengkap tentang manfaat dari daun kelor serta bagaimana cara pengolahannya menjadi ramuan obat mujarab untuk mengatasi sejumlah penyakit yang anda derita.

manfaat gagang daun kelor
Gagang daun kelor

9 manfaat daun kelor dan cara pembuatan ramuannya.

Dibawah ini merupakan 9 manfaat daun kelor berikut cara pengolahanya sehingga menjadi ramuan obat berkhasiat.

1 untuk obat rabun mata

Gagang daun kelor dicuci bersih, haluskan dengan cara ditumbuk, lalu seduh dengan segelas air matang. Aduk sampai rata, kemudian saring. tambahkan satu sendok makan madu . aduk sebentar lalu minum sesaat sebelum ada tidur. Lakukan secara rutin.

2. membersihkan flek hitam pada wajah

Cuci bersih daun kelor segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. balurkan ramuan tersebut pada area wajah secara merata. Diamkan sekitar kurang lebih 20 menit, kemudian cuci bersih dengan air.

3. mengobati sakit mata

3 gagang daun kelor  dicuci kemudian ditumbuk halus. tambahkan satu gelas air panas, diamkan beberapa saat sampai hampas mengendap. Saring air seduhan, lalu gunakan sebagai obat tetes mata dalam keadaan dingin.

4. melancarkan buang air kecil

Bagi anda yang mengalami susah buang air kecil, silahkan coba ramuan dibawah ini:
Ekstrak daun kelor, saru buah mentimun/wortel, ditambahkan kedalam 1 gelas air, minum ramuan tersebut setiap hari secara rutin.

5. mengatasi luka yang telah bernanah, kurap, dan bisul.

Gagang daun kelor sebanyak 7 buah dicuci bersih lalu tumbuk sampai halus. tempelkan ramuan tersbut pada bagian kulit yang telah bernanah.

6. membantu menghancurkan batu ginjal

Daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menghancurkan batu ginjal. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengolah daun kelor menjadi sayur, lalu dikonsumsi secara rutin selama satu bulan.

7. mengatasi nyeri dan pegal linu serta rhematik

3 gagang daun kelor dan kapur sirih ½ sdm dicampur, lalu tumbuk sampai halus. gunakan ramuan sebagai obat gosok. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

8. obat tradisional untuk mengobati cacingan

Bahan ramuan yang diperlukan antara lain: 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 2 batang meniran. Cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas. Angkat dan tiriskan. Saring air rebusan lalu minum secara rutin setiap hari.

9. Membantu memenuhi kebutuhan gizi wanita hamil

kandungan gizi dalam daun kelor cukup lengkap dengan kadar tinggi, sehingga daun kelor bisa digunakan sebagai salah satu alternatif pemenuhan gizi bagi para wanita hamil. baca selengkapnya pada artikel berikut: manfaat daun kelor bagi wanita hamil.

Selain yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak manfaat daun kelor dan cara pengolahannya yang bisa anda dapatkan, silahkan perkaya pengetahuan dan wawasan anda seputar tanaman obat khususnya tentang manfaat dan khasiat dari daun kelor dengan mengunjungi sumber-sumber terpercaya  lainnya baik majalah, media online dan lain-lain.

* catatan:
Yang dimaksud dengan gagang daun kelor yaitu daun berserta tangkai dan gagang daun bagian pucuknya..

Sumber:
  • Tanaman obat tradisional by Thomas A.N.S
  • Sumber-sumber lainnya

About Tata gunawan

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top