Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Manfaat daun kelor: Seperti telah disebutkan pada artikel sebelumnya, daun kelor kaya sekali akan kandungan gizi dan senyawa aktif (silahkan baca artikel terkait: kelor (moringa- oleifera)), dimana dengan gizi dan senyawa yang dimilikinya tersebut, daun kelor bisa memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, tidak terkecuali para wanita hamil.

manfaat daun kelor bagi wanita hamil

Wanita hamil umumnya memiliki resiko terserang sejumlah penyakit dan mengalami malnutrisi akibat kurang seimbangnya gizi dalam tubuh, salah satuya penyakit yang sering diderita adalah anemia dan defisiensi nutrisi. Ketika kekurangan giz terutama zat besi, stres oksidatif pada wanita hamil akan meningkat yang pada akhirnya dapat merusak asam deoksiribonukleat (DNA).

Menurut Dr.Nadimin , SKM , MKes (Departemen Gizi Poltekkes Makassar), stress oksidatif pada wanita hamil bila dibiarkan akan mengakibatkan bayi dalam kandungan akan mengalami berat badan rendah (BBLR). Untuk mengatasi masalah tersebut, Dr Nadimin melakukan penelitian pengaruh pemberikan ekstrak daun kelor kepada wanita hamil. Dari hasil penelitian yang dilakukannya, didapatkan satu hasil dimana ekstrak daun kelor mampu meningkatkan hemoglobin darah. naiknya kadar hemoglobin darah pada wanita hamil setelah mengkonsumsi ekstrak daun kelor, dikarenakan tingginya kadar zat besi dalam daun kelor. Zat besi berperan penting dalam pembentukan darah dalam tubuh. (Sumber: health.detik.com/).

Untuk memenuhi kebutuhan harian untuk zat besi, wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 6 sendok makan penuh tepung daun kelor.(sumber: pasca.unhas.ac.id/).

tepung daun kelor

Berbagai nutrisi penting bagi wanita hamil

Selain zat besi, ekstrak daun kelor juga kaya akan gizi dan senyawa penting yang baik untuk para wanita hamil dan bayi yang dikandungya, berikut uraian lengkapnya.

1.Protein
Protein diperlukan dalam proses pertumbuhan, atau pembentukan jaringan baru. Pada masa kehamilan dan menyusui, seorang ibu memerlukan setidaknya 67 g protein stiap harinya. Dengan mengkonsumsi 100 gram daun kelor segar/ hari, dapat memenuhi sekitar 10,1% kebutuhan protein harian

2. Vitamin B1
Kekurangan vitamin B1 dapat menimbulkan resiko tinggi ketika masa kehamilan dan menyusui. Kekurangan vitamin ini dapat menurunkan selera makan, tubuh mudah lelah, lemah otot, turunnya daya ingat, dan bisa terserang penyakit beri-beri. Wanita hamil/menyusui membutuhkan sekitar 1m3 mg gram vitamin B1 setiap harinya, konsumsi 100 gram daun kelor segar / 8 gram tepung daun kelor, dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin B1 sebanyak 4,6 %.

3. Vitamin B2
Vitamin B2 dibutuhkan tubuh untuk mengubah protein, gula, dan lemak menjadi energi, serta memelihara sekaligus meregenerasi kerusakan jaringan tubuh. Rendahnya vitamin B2 dalam tubuh ibu hamil bisa menyebabkan pertumbuhan otak janin terganggu, mudah lemas, sudah tidur, dll. Konsumsi 100 gram daun kelor segar dapat memenuhi 3,3% darikebutuhan B2 harian bagi ibu hamil sebanyak 1,5 mg.

4. Vitamin B3
Vitamin B3 atau Niacin bermanfaat untuk melindungi tubuh terutama bagian mata dari penyakit rabun dan kelelahan.

5. Vitamin C
Vitamin C dapat membantu perkembangan kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga tubuh agar tetap bugar

6. Vitamin E
Vitamin E dapat mempengaruhi oksidasi dalam jaringan tubuh, melidungi vitamin A dan asam amino, serta melindungi tubuh dari infeksi.

7. Fosfor
Forfor bermanfaat dalam menyediakan energi serta memperkuat tulang dan gigi.

8. Seng
Seng berperan penting dalam metabolisme protein, karbohidrat, lemak, dan jaringan ikat, vitamin A dan tulang,

9. Kalium
Kadar kalium yang cukup dalam tubuh dapat mencegah rasa mual dan muntah, otot akut, lesu, lumpuh, turunnya selera makan.

10. Kalsium
Kalsium merupakan sumber nutrisi tulang, berperan penting dalam memperkuat tulang dan gigi serta mencegahnya dari pengeroposan.

11. Tembaga
Tembaga dan zat besi dapat bersinergi dalam mengatasi anemia, dan menunjang kesehatan tulang dan darah. kekurangan tembaga pada bayi dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan bayi, dan depigmentasi kulit dan rambut.

12. Serat
Kandungan serat dalam daun kelor bermanfaat dalam melancaran pencernaan tubuh, serta membantu mengeluarkan zat sampah dari dalam tubuh.

13. Fitosterol
Senyawa ini berperan penting dalam melancarkan ASI karena bisa memberikan efek laktogogum.

14. Zat antioksidan
Zat antioksidan yang mampu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan DNA.

Selain yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak kandungan gizi dan senyawa dalam daun kelor yang bisa memberikan manfaat begitu besar bagi anda para wanita hamil dan menyususi, silahkan cari literatur lainnya demi memperkaya pengetahuan dan wawasan anda seputar manfaat daun kelor. (sumber: cegah mal nutrisi dengan kelor, Joni MS, M.Sitorus).

About Tata gunawan

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar:

  1. bagus bngt artikelnya, share ya min.
    baru tw ane daun kelor bermanfaat buat bumil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya fikir cuma saya aja yang baru tau kalau daun kelor itu bermanfaat buat bumil :D
      habis selama ini sering dikaitin sama hal mistis si

      Hapus


Top