Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Mimba merupakan tanaman perdu yang diperkirakan berasal dari india, masuk keindonesia sekitar tahun 1500 tepatnya di daerah jawa. Tektur tanah dan iklim yang baik, menjadikan mimba bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di beberapa daerah seperti jawa barat, jawa timur, dan Madura.

gambar pohon mimba

Masyarakat umumnya memanfaatkan tanaman mimba terutama bagian daunnya sebagai bahan ramuan obat berkhasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti disentri, radang gigi, dan pegal linu.

Sifat dan khasiat tanaman mimba

Herba Mimba seperti daun, biji, kayu dan juga bagian kulitnya memiliki rasa pahit (kecuali buahnya yang berasa manis), bersifat anti-diabetik, anti-diare,anti-disentri, anti-malaria, anti-bilious, anti-kanker, anti-piretik, merangsang dan mengaktifkan kelenjar-kelenjar dalam tubuh.

Sejumlah sifat yang dimiliki mimba dikarenakan pada herba tanaman terdapat zat dan senyawa sebagai berikut: azadirachtin, hyperoside, quercetin, quercitrin, nimbolin, nimbine, rutin, beta-sitosterol. Daun mimba juga banyak mengandung nimbi, nimbine, nimbolide, 6-desacetylbimbine, dan quercetin.

Khasiat mimba untuk pengobatan herbal

Banyak khasiat yang dimiliki sebagai obat, anda bisa mengolah bagian daun, biji, dan ranting, dan batang (termasuk kulitnya) sebagai ramaun obat. berikut beberapa khasiat mimba sebagai tanaman obat.
gambar biji mimba
  • Manfaat daun mimba diantaranya bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati peradangan, penyakit kulit, demam, menurunkan gula darah pada penderita diabetes, membunuh bakteri dalam tubuh, meningkatkan nafsu makan, mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.
  • Minyak yang didapat dari biji mimbi berkhasiat untuk mengatasi eksim, cacing, kudis, menyehatkan rambut dan pelembab kulit.
  • Bagian batang bisa anda manfaatkan untuk mengobati penyakit malaria, menurunkan demam, dan mengatasi nyeri pada lambung.
  • Ranting pohon bisa dijadikan obat penguat gusi dan mencegah peradangan pada gusi, membersihkan gigi, serta mencegah bau mulut.

Cara membuat ramuan obat herbal dari daun mimba

Cara pengolahan herba tanaman tentunya disesuaikan dengan jenis penyakit yang ingin diobati. Berikut salah satu resep obat herbal dengan memanfaatkan daun mimba.

manfaat daun mimba

1. Sebagai obat dalam.
Cuci bersih 5-7 lembar daun mimba segar, lalu seduh dengan air 2 gelas, sampai tersisa 1 gelas, minum air rebusan tersebut secara rutin.

2. Sebagai obat luar.
Haluskan daun mimba yang masih segar secukupnya dengan cara digiling. Lalu peras. Air hasil perasan dari daun mimba bisa anda gunakan untuk mengompres bagian kulit yang terkena penyakit seperti eksim, radang kulit , jerawat, infeksi akibat jamur, borok, bisul, nyeri sendi dan otot.

Selain sebagai obat dalam. Air rebusan dari daun mimba juga bisa anda gunakan sebagai obat luar., diantaranya untuk mengatasi rambut rontok, berkutu, dan berketombe. Cara penggunaannya yaitu dengan membilas rambut menggunakan air rebusan dari daun mimba secara rutin

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top