Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Cara menurunkan gula darah dengan ceplukan adalah satu dari sekian banyak cara tradisional yang bisa anda tempuh untuk menjaga agar kadar glukosa dalam darah tetap stabil.

Cara menurunkan gula darah dengan ceplukan

Penggunaan ceplukan sebagai obat penurun kadar gula darah sudah lama dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat. Khasiat yang dirasakan dalam menurunkan gula darah juga cukup terasa bila kita mengkonusumsinya secara rutin.

Berbicara kemampuan ceplukan dalam menurunkan gula darah tentunya terkait dengan sejumlah kandungan kimia dalam ceplukan . pada setiap bagian tanaman, mulai dari akar, batang, daun, sampai buahnya, terkandung zat dan senyawa antara lain: alkaloid, saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin.  Kandungan kimia tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang fungsi sel beta pankreas untuk memproduksi insulin untuk kebutuhan tubuh, serta meregenerasi sel-sel beta pankreas. Dengan tercukupinya hormon insulin dalam tubuh maka glukosa dapat diubah menjadi energi secara sempurna dan kelebihannya dapat dibersihkan oleh insulin lalu dibuang melalui saluran kencing.

Manfaat ceplukan sebagai obat penurun gula darah

obat penurun gula darah
buah ceplukan masak
Untuk mendapatkan manfaat ceplukan sebagai obat penurun gula darah. Anda bisa mengolah seluruh bagian tanaman baik dalam keadaan segar ataupun kering. Berikut salah cara mengolah ceplukan menjadi ramuan obat.

Siapkan kurang lebih 6 gram ceplukan kering, dan air 400 ml. didihkan air hingga mencapai suhu 900 celcius.  Kemudian masukan ceplukan kering, lalu rebus kembali selama 15 menit ( perhitungan dimulai saat ceplukan mulai direbus). Setelah itu angkat, lalu saring air rebusan dengan kain basa atau panel, diamkan sampai dingin. Bagi dua air rebusan.

ceplukan kering
Ceplukan yang telah dikeringkan

Cara menurunkan gula darah dengan ceplukan yaitu dengan mengkonsumsi air rebusannya secara rutin 2 kali sehari @ ½ bagian. Air rebusan dari ceplukan ini harus diminum kurang dari 24 jam, bila lebih dari waktu tersebut, sebaiknya ganti dengan air rebusan yang baru.

Reaksi awal yang akan anda rasakan dengan minum air rebusan ceplukan adalah meningkatnya intensitas kencing. Hal ini dikarekanan ekstrak ceplukan bersifat diuretic ( peluruh kencing). Rasa dari air rebusan tanaman obat yang satu ini akan terasa pahit dimulut. Anda bisa menghilangkannya dengan berkumur setelah minum air rebusan.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. buah ciplukan memang banyak manfaatnya. sangat bermanfaat postingannya gan...

    BalasHapus


Top