Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Mahkota dewa ? mungkin sebagian besar dari anda pernah melihat ataupun paling tidak mendengar nama tanaman ini. Mahkota dewa atau buah simalakama ( sebutan orang melayu) memang  sudah cukup populer dan sebagian besar masyarakat sudah memanfaatkannya untuk bahan ramuan herbal guna mengatasi berbagai macam penyakit yang mereka derita.

manfaat mahkota dewa

Mahkota dewa memang satu dari sekian banyak tanaman obat yang memiliki banyak  sekali khasiat. Sejumlah penyakit ringan hingga tergolong berat bisa diatasi dengan memanfaatkan beberapa bagian pohonnya mulai dari buah dan daunnya.

Kandungan kimia mahkota dewa


Kandungan kimia mahkota dewa

Dalam mahkota dewa, terdapat sejumlah zat aktif yang bermanfaat, diantaranya:
Alkaloid ( banyak terdapat pada daun dan kulit buah), flavanoid ( terdapat pada kulit buah), polifenol ( terdapat pada daun), saponin ( pada daun dan kulit buah)

Zat aktif tersebut memberikan beberapa efek farmakologis diantaranya:Bersifat antioksidan, antiradang, antihistamin, antibakteri, antivirus, dan detoksifikasi ( dapat menetralisir racun dalam tubuh), melancarkan peredaran darah.

Manfaat mahkota dewa

Dengan sifat farmakologis yang dimilikinya, mahkota dewa bisa mengatasi berbagai macam penyakit dan gangguan pada tubuh. berikut sejumlah manfaat mahkota dewa untuk tubuh: mencegah penyumbatan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah, menurunkan resiko jantung koroner, mampu menangkal radikal bebas dari luar yang menyebabkan penyakit, mengatasi beberapa macam alergi, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit, obat herbal diabetes, meningkatkan stamina tubuh, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Untuk mendapatkan manfaat dari mahkota dewa, anda bisa meramu beberapa bagian tanaman seperti daun, kulit buah, buah, dan bijinya menjadi ramuan obat herbal. Caranya bisa dengan direbus atau melalui proses lainnnya. Bagian daging buah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan, sedangkan daun dan kulit buah bisa diolah langsung dalam keadaan segar.

buah mahkota dewa kering
daging buah mahkota dewa kering
Perlu anda perhatikan ketika memanfaatkan mahkota dewa sebagai obat herbal :
  1. Jangan mengkonsumsi daun / buah mahkota dewa secara langsung. Hal ini dikarenakan mahkota dewa mengandung toksin yang tinggi yang bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, mual, pusing, bahkan keracunan.
  2. Jangan dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat memicu kontraksi otot rahim. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan resiko besar bagi kondisi kehamilan. Hindari juga pemberian ramuan obat dari mahkota dewa kepada anak kecil, karena dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top