Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Khasiat buah mahkota dewa sebagai obat tradisional untuk penyakit diabetes sudah diuji oleh beberapa peneliti dan hasilnya menyebutkan bahwa kandungan zat dan senyawa dalam daging buah mahkota dewa bisa menurunkan kadar gula darah.

Obat tradisional diabetes

Kandungan kimia dalam buah mahkota dewa yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit diabetes diantaranya:  alkaloid, flavonoid, fenol, karbohidrat, dan tanin. Senyawa tersebut dapat memberikan efek antihiperglikemi (Sugiwati, 2009). Dari kandungan kimia tersebut, ada tiga senyawa penting yang memiliki khasiat dalam menurunkan kadar gula dalam darah  yaitu alkaloid, flavonoid, dan fenol (Jung, 2006).

Pemberikan ekstrak buah mahkota dewa sebagai obat tradisional diabetes dapat membantu meregenerasi sel beta pankreas yang rusak, melindungi sel beta pankreas dari kerusakan akibat radikal bebas, dan merangsang peningkatkan dan pelepasan insulin. Senyawa yang berperan adalah flavanoid dan alkaloid.
Alkaloid juga berperan menurunkan glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus, meningkatkan transportasi glukosa dalam darah, merangsang sintesi glikogen. menghambat sintesis glukosa, dan meningkatkan oksidasi glukosa.

Cara mengolah buah mahkota dewa untuk obat tradisional diabetes

manfaat buah mahkota dewa

Pemanfaatan buah mahkota dewa sebagai ramuan obat, khususnya untuk pengobatan herbal diabetes, sebaiknya sudah melalui proses pengeringan terlebih dahulu dengan cara dijemur dibawah sinar matahari ataupun di sangrai. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi efek samping dari penggunaannya. Buah mahkota dewa terutama bagian cangkang bijinya mengandung toksin dengan kadar cukup tinggi. Dikhawatirkan bila anda mengkonsumsinya secara langsung,dapat menimbulkan reaksi negatif terhadap tubuh seperti mual dan keracunan. Silah baca mahkota dewa dan manfaatnya.

Berikut cara membuat ramuan obat tradisional untuk penyakit diabetes dengan memanfaatkan buah mahkota dewa kering.

daun mimba

Resep pertama:
Siapkan 4 irisan buah mahkota kering dan 3 lembar daun salam yang telah dicuci bersih, lalu rebus dengan air 3 gelas menggunakan api kecil. Hentikan proses perebusan ketika air telah menyusut setengahnya. Setelah dingin, saring air rebusan dan bagi menjadi tiga bagian. Konsumsi pagi, siang, dan malam hari.

Resep kedua:
5 irisan daging buah mahkota dewa kering, daun sambiloto kering dan daun sendok @7 lembar, daun mimba 3 lembar. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air, biarkan sampai tersisa setengahnya. Angkat dan tiriskan. Saring dan bagi menjadi tiga bagian. Gunakan untuk konsumsi 3 kali sehari.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top