Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Obat herbal atau dikenal juga sebagai obat tradisional adalah obat-obatan yang diracik dengan memanfaatkan bahan-bahan dari alam baik yang umumnya berasal dari bagian-bagian tumbuhan, seperti akar, batang, kulit batang, daun, bunga, buah, bahkan biji buah.

pengertian obat herbal
Menurut Wikipedia, pengertian obat herbal yaitu:
Obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional, dan telah terbukti secara klinis mampu mengatasi penyakit tertentu.

Hingga saat ini, penggunaan obat herbal masih menjadi salah satu pilihan bagi sebagian besar masyarakat indonesia bahkan cenderung semakin banyak diminati, hal ini bisa dilihat dari semakin tingginya keingintahuan masyakat tentang obat-obatan jenis herbal. Ada beberapa alasan mengapa masyarakat memilih obat jenis herbal dibandingkan obat-obatan medis, antara lain:

  • Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli obat herbal cenderung jauh lebih murah bila kita membeli obat-obatan medis.
  • Bahan pembuatannya bisa didapat dengan mudah, asalkan kita tahu fungsi dan khasiat dari bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan ramuan obat tersebut.
  • Mengolah bahan baku menjadi obat herbal siap pakai tidak terlalu sulit, sehingga bisa dilakukan sendiri dirumah.
  • Obat-obatan yang tergolong herbal cenderung memberikan efek negatif lebih kecil bila digunakan dalam jangka waktu lama, karena bahan-bahan untuk membuat ramuan obat jenis ini bersifat sintetik. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan efek negatif yang ditimbulkan dari penggunaan obat-obatan medis.
  • Obat yang berasal dari bahan herbal umumnya mudah dicerna oleh tubuh sehingga cenderung aman bagi kesehatan.
  • Bila diolah secara benar dan  metode penyimpanannya yang baik. Obat-obatan herbal bisa bebas dari toksin, bahkan bisa membantu meluruhkan kandungan racun dalam tubuh kita.

Dengan keuntungan-keuntungan yang disebutkan diatas, tentunya masyarakat tidak akan berpikir dua kali untuk mengkonsumsi ramuan obat herbal guna mengatasi masalah yang terjadi pada tubuh mereka, baik yang disebabkan oleh penyakit ataupun gangguan lainnya.

Dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap obat-obatan herbal ini, tentu saja banyak menarik dunia industri untuk memproduksi obat-obatan herbal guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan obat-obatan herbal.

obat-obatan herbal dari industry

Obat herbal buatan industri memiliki ciri yang sangat mudah dikenali, karena mereka umumnya mengolah ramuan obat-obatan lalu memodifikasinya menjadi bentuk yang lebih sederhana dan praktis dalam penggunaannya seperti bentuk tablet, cairan, serbuk dan kapsul. Ini tentu saja akan memudahkan anda dalam menggunakan obat-obatan tersebut, dimana anda tidak perlu direpotkan lagi untuk mengolah ramuan obat tradisional terlebih dahulu sebelum bisa bisa mengkonsumsinya.

Tapi tentu saja, menjatuhkan pilihan terhadap obat-obatan tradisional hasil olahan industri bukan tanpa resiko. Karena kita tidak tahu bagaimana proses pembuatan obat-obatan tersebut dari awal sampai akhir. Kita juga tidak mengetahui  bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat obat tersebut, apakah benar-benar aman bagi kesehatan tubuh kita atau tidak.  Langkah terbaik, sebaiknya anda meracik sendiri ramuan obat dengan memanfaat beberapa jenis tanaman obat yang anda, sehingga anda bisa yakin seratus persen bahwa obat herbal yang anda konsumsi aman bagi tubuh.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top