Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Tanaman obat keluarga atau yang sekarang ini dikenal dengan TOGA merupakan berbagai jenis tanaman obat yang sengaja dibudidayakan oleh masyarakat dengan memanfaatkan area pekarangan mereka yang kosong, sehingga dapat memberikan manfaat khususnya dalam pemenuhan kebutuhan keluaga akan obat-obatan.(sumber: wikipedia)

Jenis tanaman obat keluarga dan khasiatnya
Dalam pembudidayaan tanaman obat keluarga ini, tidak diperlukan area yang luas, anda bisa memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang kecil untuk menanam beberapa jenis tanaman obat. Media tanam bisa langsung di area tanah pekarangan rumah, ataupun ditanam dengan memanfaatkan pot bunga.

Manfaat tanaman obat keluarga

Membuat kebun obat keluarga dirumah tentunya akan memberikan banyak sekalai manfaat bagi anda dan anggota keluarga lainnya. Manfaat tanaman obat keluarga dapat memberikan alternatif kepada anda dalam mengobati berbagai jenis penyakit yang menyerang anda dan keluarga dirumah, terutama penyakit ringan seperti: flu, demam, batuk, luka, pendarahaan ringan, dan sebagainya. Hal ini tentu saja akan mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan medis. Efek positifnya tentu saja berimbas pada keuangan anda, dimana pengeluaran yang biasa digunakan untuk berobat bisa dikurangi.

Selain bisa untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan bagi keluarga. Anda bisa juga menjadikan kebun obat ini sebagai tambahan penghasilan dengan menjadikannya sebagai home industri, dimana hasil dari kebun obat bisa anda jual kepada masyarakat dilingkungan anda yang membutuhkan, ataupun disalurkan kepada industri pembuatan obat-obatan herbal yang banyak menggunakan tanaman obat sebagai bahan baku pembuatan obat herbal yang mereka produksi.

Berbagai jenis tanaman obat keluarga dan khasiat didalamnya

Bagi anda yang tertarik untuk membuat kebun tumbuhan obat dirumah, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu beberapa jenis tanaman obat dan khasiatnya sehingga anda memanfaatkannya secara maksimal.

Tanaman obat umumnya terdiri dari beberapa varian berbeda. Sehingga kegunaan dari masing-masing tanaman tersebut berbeda. Tumbuhan yang tergolong obat juga tidak semua bagian pohonnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat, ada beberapa varian yang hanya bisa dimanfaatkan bagian daunnya saja, dan sebagian lainnya hanya bisa memanfaatkan bagian buah, batang, ataupun akarnya.

gambar tanaman obat
Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman yang tergolong obat dan bagian mana dari pohonnya yang bisa anda manfaatkan sebagai bahan ramuan obat.

Kelor, landep, jintan, kumis kucing, sirih, randu, jambu biji, sukun, pepaya, saga, seledri, binahong, keji beling, bandotan adalah sejumlah tanaman yang bisa dimanfaatkan bagian daunnya untuk obat.Dadap ayam, kayu manis, brotowali, pula sari, kemukus dalah beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan bagian batangnya untuk bahan ramuan obat.Tomat, Jeruk Nipis,buah dewa,  mengkudu, kapulaga, Belimbing wuluh, Cabai merah, kemukus, manggis , papaya, dan beberapa jenis tanaman buah lainnya adalah contoh tumbuhan yang bagian buahnya bisa anda gunakan untuk obat.Jahe, kunyit, lempuyang, alang-alang, dan jenis tanaman jahe-jahean lainnya bisa anda manfaatkan bagian rimpangnya sebagai obat. Pinang, pala, kecubung, jamblang, dan kedawung merupakan jenis tanaman yang bisa memberikan khasiat pengobatan bila kita manfaatkan bagian biji buahnya.

Selain jenis tanaman diatas, ada juga beberapa tanaman yang bisa kita manfaatkan sebagai bahan rempah dapur yang memiliki khasiat cukup baik dalam dunia pengobatan tradisional, contohnya antara lain: cengkeh, cabe, daun pandan, ketumbar, bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, merica, wijen, kapulaga, kemiri dan lainnya.

Selain yang telah diuraikan diatas, tentunya masih banyak jenis tanaman obat lainnya dengan khasiat yang tidak kalah baiknya yang bisa anda temukan, silahkan perkaya pengetahuan dan wawasan anda dengan mecari literature lain baik dari buku, majalah kesehatan ataupun sumbe. smoga artikel tentang berbagai jenis tanaman obat keluarga dan khasiatnya ini bisa memberikan sedikit manfaat bagi anda semua.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top