Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Secara umum, bagian rimpang bangle dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk pembuatan jamu atau obat tradisional yang diyakini cukup berkhasiat untuk mengatasi demam, rhematik, cacingan, sakit kepala, semgelit, masuk angin, batuk berdahak, perut nyeri, sakit kuning dan lainnya.

manfaat rimpang bangle

Manfaat bangle sebagai ramuan obat tradisional.

Berikut sejumlah manfaat rimpang bangle berikut cara pembuatan ramuan dan penggunaanya yang bisa anda anda praktekkan dirumah.

1. Obat borok atau luka yang lama sembuh
Cuci bersih rimpang bangle sampai bersih, lalu kupas kulitnya, tumbuk atau parut lalu dijadikan tapal. Bubuhkan pada bagian kulit yang akan diobati, selanjutnya tutup dengan kain pembalut agar tapalnya tidak bergeser.

2. Mengatasi kejang pada anak-anak
Akar bangle dan cengkeh secukupnya dikunyah sampai halus, lalu balurkan pada bagian perut anak.

3. Luka akibat memar
Cuci bersih rimpang bale dengan cara ditumbuk, campur dengan sedikit arak. Ramuan tersebut kemudian dibalurkan pada bagian tubuh yang memar.

4. Untuk perawatan pada wanita pasca melahirkan.
  • Bersihkan rimpang bangle, kupas bagian kulitnya lalu tumbuk sampai halus. tempelkan ramuan tersebut pada perut wanita yang baru melahirkan untuk membantu mengencangkannya kembali.
  • Rimpang bangle dan jeringau dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. setelah halus masukan kedalam kain bersih, lalu peras untuk diambil airnya. Tambahkan sedikit cuka kedalam air perasan  lalu minum ramuan tersebut. manfaatnya yaitu untuk membersihkan darah pada wanita yang baru selesai melahirkan.
  • Tumbuk sampai halus rimpan bangle yang terlebih dahulu telah di bersihkan dan dikupas kulitnya, lalu balurkan pada kening wanita yang mengalami demam sehabis melahirkan.
5. Membantu menurunkan berat badan.
Rimpang bangle ternyata bisa juga digunakan untuk mengurangi lemak dalam tubuh, caranya yaitu dengan merebus rimpang seukuran jari telunjuk dan  7 lembar daun jati belanda, dengan segelas air. setelah air tersisa setengahnya, hentikan proses perebusan. angkat dan saring. minum air rebusan secara rutin sampai anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Mengembalikan penglihatan yang kurang terang
Bahan ramuan yang perlu disediakan yaitu rimpang bangle dan rimpang kunyit @ seukuran jari manis, 13 biji jinten hitam. Rebus semua bahan dengan segelas air sampai tersisa setengahnya. Saring dan diamkan sebentar. Minum ramuan secara rutin.

7. Obat tradisional untuk hepatitis
Rimpang bangle segar seukuran ½ jari telunjuk. Cuci bersih lalu parut. Tambahkan madu dan air masak @ satu sendok makan. Peras  ramuan, lalu minum. Lakukan dua kali sehari.

8. Mengobati lemah jantung
1 rimpang umbi bangle di cuci bersih, kemudian diparut. Tambahkan 1 gelas air panas, lalu diperas/ disaring. Minum ramuan satu kali sehari di sore hari.

9. Mengatasi gangguan syaraf
Rimpang bangle seukuran 2 x ibu jari diparut, tambahkan segelas air masak, lalu peras/ saring. minum ramuan sekaligus. Lakukan secara rutin dua kali sehari pagi dan sore.

10. Obat rhematik
Rimpang bangle, lempuyang dan cabai (ukuran dikira-kira sendiri). Tumbuk halus semua bahan, lalu tambahkan sedikit air. balurkan ramuan pada bagian tubuh yang terkena rhematik setiap malam sebelum anda tidur.

Sumber:
  1. Tanaman obat tradisional by Thomas A.N.S
  2. Buku pintar tanaman obat By redaksi Agromedia
  3. Temu-temuan dan Empon-empon By Ir. Fauziah Muhlisah

About Tata gunawan

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. mantap... ternyata rimpang bangle selain untuk jamu bisa untuk obat luar juga...
    nice blog... keren...

    BalasHapus


Top