Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Akar wangi adalah salah satu jenis rumput-rumputan yang diperkirakan berasal dari Birma, India, dan Srilangka. Akar wangi sengaja dibudidayakan sebagai oleh masyarakat untuk diambil beberapa manfaatnya seperti dijadikan tikar, diambil minyaknya, serta bisa juga membantu struktur tanah agar tidak mudah longsor.

tanaman akar wangi

Klasifikasi ilmiah dan morpologi akar wangi

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas :  Liliopsida
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Genus : Vetiveria
Species : Vetiveria zizanoides

Nama daerah:

Janur, usar, narawastu (Sunda), rarawestu, larasetu, larawastu (Jawa), akar babau (Sumbar), hapias, usar, useur, morwastu (Sumut), usa, urek usa (Sulawesi), akar banda (Timor). Dll.

Morfologi tanaman akar wangi.

Tanaman akar wangi masuk kedalam family graminea atau poaceae (rumput-rumputan). Tumbuh lebat secara berkelompok (rumpun) dengan ketinggian antara 1,5-2,5 cm.
  • Akar serabut, warna kuning, mengeluarkan aroma yang sangat wangi.
    Batang lunak, beruas-ruas dan berwarna putih, tumbuh tegak.
  • Daun akar wangi tidak mengandung minyak seperti akarnya. Daun berwarna kelabu, tunggal, bentuk agak kaku, dengan panjang mencapai 100 meter.
  • Bunga berbentuk bulir, tumbuh pada bagian ujung batang, berwarna hijau hingga ungu.
    Buah berbentuk padi, berwarna putih kotor, dan terdapat duri.
  • Perbanyakan tanaman bisa dilakukan melalui biji, memisahkan rumpun, atau dengan cara memecah akar tinggalnya yang telah bertunas.
akar tanaman akar wangi

Kandungan kimia dan manfaat akar wangi

Kandungan kimia

Minyak atsiri yang didalamnya terdapat senyawa vetiveron, vetiverin, vetivazulen, dan veton. Selain minyak atsiri, terkandung juga  harsa, dan zat pahit.

Manfaat akar wangi

Herba tanaman akar wangi baik daun, batang, dan akar bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan manusia, seperti bahan kerajinan (memanfaatkan bagian batang), ataupun diolah untuk diambil minyaknya (memanfaatkan bagian akar dan batang). Minyak yang dihasilkan dari akar serta batang akar wangi bisa digunakan dalam pembuatan Parfum,sabun, dan kosmetik. Manfaat lainnya dari akar wangi yaitu bisa manfaatkan untuk mengusir serangga terutama nyamuk melalui aromanya yang menyengat dan bersifat racun bagi nyamuk.

Akar tanaman kering

Dalam dunia pengobatan, akar wangi bisa digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit yang menyerang tubuh, berikut beberapa manfaat akar wangi sebagai tanaman obat:
  1. Mengobati sakit gigi dan mengatasi bau mulut
  2. Mengobati encok, pegal linu, dan rhematik
  3. Mengobati luka akibat gigitan tawon, kalajengking, dan ular.
Sumber:
  1. Buku pintar tanaman obat By Redaksi agromedia
  2. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/47544/4/Chapter%20II.pdf

About Tata gunawan

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top