Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Mangga (Mangifera indica L) adalah tanaman buah yang diperkirakan berasal dari india. Menyebar kebeberapa Negara di asia termasuk Indonesia. Tanaman yang dapat tumbuh didataran rendah dan tinggi ini dikenal memiliki buah dengan kandungan gizi yang cukup lengkap.

Klasifikasi ilmiah dan ciri umum tanaman mangga.

Klasifikasi imiah:

Klasifikasi ilmiah tanaman mangga
Kingdom: Plantae
Devisi: Spermatophyte
Class: Dicotylendonae
Ordo: Anarcardiales
Famili: Anarcardiaceae
Genus: Mangifera
Spesies: Mangifera indica L

Ciri-ciri umum yang dimiliki:

  1. Tumbuh tinggi menjulang dengan ketinggian bisa mencapai 40 meter lebih.
  2. Batang pohon tumbuh tegak, berperawakan besar, memiliki cabang banyak dan kuat, kulit pohon kasar dan tebal yang terdiri dari banyak celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai daun. Kulit batang yang sudah tua berwarna coklat keabuan sampai hitam. Ada perbedaan antara pohon mangga yang berasal dari biji dan hasil sambungan atu temple, dimana tanaman yang berasal dari biji umumnya tumbuh tegak, tinggi, dan kuat, sedangkan yang berasal dari teknik sambungan atau tempel ketinggian pohon relatif lebih pendek, dengan cabang membentang.
  3. Daun berwarna kemerahan, kekuningan, atau keunguan yang akan berubah menjadi hijau mengkilat pada bagian permukaan atas dan hijau muda pada permukaan bawah ketika tua.
  4. Bunga majemuk, bertangkai pendek, kelopak bunga bertaju lima,warna kuning pucat . bunga mangga mengeluarkan aroma harum.
  5. Buah mangga termasuk golongan buah batu berdaging, memiliki bentuk yang berbeda tergantung dari jenisnya. Umumnya berbentuk bulat, bulat telur, atau lonjong memanjang. Panjang buah antara 2,5-3,0 cm. kulit buah tebal dan terdapat titik-titik kelenjar. warna kulit buah hijau ketika masih muda, dan ketika masak akan berubah menjadi hijau kekuningan atau kemerahan. Daging buah memiliki rasa asam ketika masih muda dan manis ketika masak.
  6. Buah mengandung biji berwarna putih dengan tekstur keras. Bentuk dan ukuran biji tergantung dari jenis mangga. Biji terdiri Dari monoembrional (hanya mengandung satu embrio) , dan poliembrional (lebih dari satu embrio).

Kandungan gizi dan manfaat buah mangga

kandungan gizi buah mangga
Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu buahnya. Buah mangga dikenal memiliki rasa manis menyegarkan, sehingga banyak yang menyukainya. Selain enak, dalam buah mangga terkandung banyak sekali nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan gizi buah mangga.

Kandungan gizi buah mangga diantaranya:
  • Air, abu, energy, lemak, gula, protein, karbohidrat, serat.
  • Vitamin: A, Thiamin (B1), asam pantotenat (B5), B6, B12, Beta-karoten, C, dan E.
  • Mineral: Zat besi, magnesium, kalsium, kalium, fosfor, seng, natrium, selenium, dan mangan.
  • Asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh, dan asam lemak tak jenuh ganda.
  • Asam amino: triptopan, threonin, isoleusin, lisinm leusin, fenilalanin, metionin, valin, tirosin, histidin, alanin, arginin, serin, asam glutamate, asam aspartat, prolin, dan glisin.
Kandungan gizi dalam buah mangga dapat memberikan sejumlah efek farmakologis yang bermanfaat bagi tubuh seperti: astringent (pengelat), penyegar tubuh, peluruh kencing, meningkatkan nafsu makan dan sebagai antioksidan.

Manfaat buah Mangga untuk tubuh.

Dengan kandungan gizi serta efek farmakologis yang dimilikinya, buah mangga sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. berikut sejumlah manfaat buah mangga untuk tubuh bila kita mengkonsumsinya secara rutin dan teratur.
manfaat buah mangga untuk kesehatan
  1. Mengatasi gangguan pada peredaran darah, empedu, dan saluran pencernaan.
  2. Menjaga kelenturan pembuluh darah, dan mencegah timbulnya plak pada saluran pembuluh darah akibat kelebihan kolesterol jahat.
  3. Membantu meregenerasi sel-sel batu.
  4. Mencegah terjadinya pendarahan.
  5. Mengobati sariawan, radang gusi, tenggorokan.
  6. Menjaga kesehatan mata, dan sistem pencernaan tubuh, jantung, dan tulang.
  7. Menurunkan kadar gula darah.
  8. Menjaga kestabilan kolesterol dalam darah.
  9. mengatasi diare, disentri, wasir dan sembelit.
  10. Kandungan serat yang cukup tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan.
  11. Mangga merupakan salah satu sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin. Karotenoid ini merupakan bahan penumpas kanker yang baik.
Selain buah,bagian pohon mangga yang bisa dimanfaatkan untuk obat yaitu getah mangga dan kulit batang. Manfaat getah batang mangga diantaranya yaitu bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit pada kulit luar tubuh seperti: kudis, eksim, dan gatal-gatal. Sedangkan manfaat Kulit batang dari pohon mangga salah satunya bisa dimanfaatkan untuk mengobati rhematik dan menghilangkan nyeri pada persendian.

Sumber artikel:
Health Secret of Mango by Pangkalan ide.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Artikel tentang buah manggah yang sangat menarik dan bagus untuk di baca

    BalasHapus


Top