Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) merupakan salah satu tanaman sayuran yang sudah dikenal sejak jaman dahulu.  Tomat juga memiliki peranan penting dalam pemenuhan gizi masyarakaat. Kandungan gizi yang terkandung dalam buahnya cukup tinggi dan kompleks sehingga  bermanfaat dalam pemenuhan gizi harian tubuh.

manfaat buah tomat untuk kesehatan

Klasifikasi ilmiah tanaman tomat

Tomat termasuk tanaman perdu yang masuk kedalam golongan tanaman semusim. Tanaman ini memiliki umur pendek dan hanya sekali berproduksi, setelah itu mati. Pohon tomat bisa tumbuh disemua tempat, mulai dari dataran rendah sampai tinggi. Tapi tomat tidak cocok ditanaman pada tanah yang tergenang air, karena kondisi tanah tersebut dapat menyebabkan akar tomat mudah busuk dan tidak mampu menyerap unsur hara dalam tanah.

gambar tanaman tomat

Berikut klasifikasi ilmiah tanaman tomat secara lengkap:
Divisi : Spermatophyta
Subdivisi: Angiospermae
Kelas : Dicotyledone
Ordo : Tubiflorae
Famili : Solanaceae
Genus : Solanum
Spesies Lycopersicum Esculentum Mill
Nama ilmiah tomat: Solanum lycopersicum

Ciri-ciri tanaman tomat

  1. Tumbuh dengan ketinggian bisa mencapai 2 meter
  2. Batang cukup kuat, berwarna hijau, berbentuk bulat hingga persegi empat. Tumbuh rambut halus pada permukaan batang, diantara rambut-rambut tersebut terdapat rambut kelenjar. Pada bagian buku-bukunya terjadi penebalan dan terkadang pada bagian buku bagian bawah tumbuh akar-akar pendek. Memiliki cabang banyak 
  3. Daun tomat berbentuk oval, bergerigi dan terdapat celah menyirip.
  4. Buah berwarna hijau ketika masih muda, dan merah mengkilat setelah masak, bentuk buah beragam, bisa berbentuk bulat, lonjong dan meruncing, umumnya buah berdiameter 2-15 cm (tergantung varietasnya). Buah tomat muda terasa getir dan memiliki bau kurang sedap. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan lycopersicin didalamnya, lycopersicin akan semakin berkurang seiring dengan matangnya buah tomat.

gambar pohon tomat

Kandungan buah tomat

Bagian tanaman yang banyak dimanfaatkan yaitu buahnya. dalam buah tomat terkandung banyak sekali nutrisi penting. Kandungan buah tomat  antara lain alakaloid, solanin, asam folat, saponin, asam sitrat, asam malat, protein, biflavonoiud, gula (fruktosa, glukosa), lemak, serat, trigonelin, adenine, tomatin, kolin, mineral ( Mg, P, K, Fe, Sulfur, Klorin), histamine, dan likopen. selain itu, tomat mengandung vitamin penting yang cukup lengkap seperti B1, B2, B6, C, dan E.

Manfaat buah tomat untuk kesehatan

Kandungan vitamin, mineral, dan bahan aktif dalam buah tomat bermanfaat untuk manusia. mengkonsumsi buah tomat secara rutin dapat meningkatkan kesehatan, mencegah sekaligus mengobati berbagai penyakit pada tubuh.
  • Vitamin C bermanfaat untuk mengatasi sariawan
    Vitamin A mengobati xeropthalmia pada mata
  • Vitamin B dapat mengatasi penyakit beri-beri, radang syaraf, lemahnya otot-otot, dermatitis, bibir menjadi merah dan radang lidah
  • Vitamin E dalam buah tomat cukup tinggi. Vitamin jenis ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tubuh dan wajah. Vitamin E dapat menghambat proses penuaan pada kulit, menjaga kekenyalan dan kelenturan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan melindunginya dari pembentukan sel kanker kulit
  • Zat kapur dan fosfot berperan dalam membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak.
  • Zat besi berfungsi dalam pembentukan sel darah merah atau hemoglobin
  • Potasium berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi
  • Serat bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan dalam perut dan melancarkan buang aiar besar.
  • Likopen merupakan salah satu senyawa karotenoid, banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan berwarna merah kekuningan termasuk tomat. Likopen berperan dalam mencegah dan menghambat proses perkembangan sel kanker dan membantu memulihkan kondisi kesehatan para penderita kanker. 

gambar buah tomat
Selain yang beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, manfaat buah tomat untuk kesehatan lainnya yaitu: menurunkan resiko gangguan pada jantung, mengembalikan kesegaran tubuh, meningkatkan nafsu makan, menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, mengurangi resiko terkena radang usus buntu, meningkatkan kesehatan organ hati, ginjal, dan fungsi lever, Menghilangkan jerawat dan plek hitam diwajah. Mengatasi diare, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma, dll. 

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top