Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sambung nyawa merupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak tumbuh dibeberapa wilayah Indonesia, terutama didaerah-daerah pulau jawa, dan bali.tanaman terna ini memiliki beberapa ciri yang mudah dikenali antara lain:
Batang basah, memanjat, rebah, dan merayap, persegi, berdaging, dengan warna  hijau keunguan. Memiliki percabangan yang banyak. Warna daun hijau keunguan dengan bentuk bulat telur, ujung daun berbentuk tumpul dan rata pada bagian tepi, daun ditumbuhi bulu halus dan jarang. Bunga tanaman majemuk, ditumbuhi rambut halus, tangkai bunga pendek.

gambar tanaman sambung nyawa

Kandungan kimia tanaman sambung nyawa

Tanaman yang disebut juga ngokilog (sebutan orang jawa), menganndung senyawa aktif yang terdapat pada seluruh herba terutama bagian daun. Senyawa aktif tersebut antaralain: alkaloid, flavonoid, minyak atsiri, poliferol, saponin, sterol, tanin, dan triterpenoid.

Sifat dan khasiat

Daun bersifat manis, tawar, dingin, menguatkan,menyejukan dan sedikit toksik. Kandungan senyawa aktif dalam herbal tanaman memberikan beberapa aktivitas farmakologis yaitu: anti-diabetes, penurun tekanan darah, pereda demam, anti-kanker, peluruh batu ginjal, menurunkan kolesterol dan trigliserida, serta mampu meregenerasi kerusakan pada sel-sel jaringan ginjal (sudarsono, dkk.2002).

manfaat daun sambung nyawa

Manfaat tanaman sambung nyawa untuk pengobatan herbal

Dengan efek farmakologis yang dimilikinya, tanaman sambung nyawa dapat digunakan sebagai obat yang cukup berkhasiat dalam mengatasi sejumlah penyakit pada tumbuh. Cra pengolahan tanaman yaitu bisa dimakan langsung sebagai lalapan (bagian daun), atau direbus (daun atau seluruh herba). Berikut beberapa manfaat tanaman sambung nyawa sebagai obat herbal:
  1. Mengatasi peradangan pada tenggorokan, dan sinusitis.
  2. Mengobati penyakit maag, ambeien, dan lever.
  3. Mencegah perkembangan sel kanker dan tumor pada tubuh.
  4. Menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol tinggi dalam darah.
  5. Membantu menghancurkan batu ginjal.
  6. Menjaga kesehatan ginjal dan hati.
  7. Mengobati bisul, eksim, dan tetanus, luka / gatal akibat ulat dan  gigitan semut.

Berikut salah satu resep obat herbal untuk mengobati penyakit maag dan ambeien:
  • Siapkan 3 lembar daun sambung nyawa segar, kemudian cuci bersih. Makan daun tersebut secara langsung sebagai lalapan. Lakukan secara rutin sampai penyakit maag dan ambeien yang anda derita sembuh.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top