Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Mengenai khasiat daun mimba sebagai obat herbal diabetes melitus, telah dibuktikan dari beberapa penelitian. Salah satunya yagn dilakukan oleh Indrawati tahun 2009 (sumber: digilib.ubaya.ac.id/). Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun mimba dan pegagan terhadap penderita diabetes melitus tipe-2. Setelah pemberian ekstrak daun mimba dan pegagan selama 4 minggu, kadar glukosa darah pada penderita mengalami penurunan dari kadar semula.

obat herbal diabetes melitus

Penelitian lainnya dilakukan oleh Masagus Mhd. Tibrani (MIPA, Univ.Brawijaya), menyebutkan bahwa ekstrak air daun mimba memiliki pengaruh yang besar dalam penurunan kadar gula darah, membantu menaikan berat badan dan kadar insulin plasma.

Ramuan obat herbal diabetes dari daun mimba


Pemanfaatkan daun mimba sebagai obat herbal untuk mengobati diabetes, bisa diolah secara tunggal atau dicampurkan dengan bahan herbal lainnya yang memiliki khasiat serupa dalam menurunkan kadar gula darah. Penggunaan beberapa macam bahan herbal ini juga berkhasiat untuk mengatasi diabetes yang disertai komplikasi penyakit lainnya.

Berikut beberapa ramuan obat herbal diabetes melitus yang terbuat dari daun mimba dan bahan-bahan herbal yang memiliki khasiat sama seperti sambiloto, brotowali, pegagan, daun sembung dan lainnya.

air rebusan daun mimba

1. Ramuan obat herbal diabetes melitus tanpa komplikasi

Daun mimba 21 lembar, herba sambiloto kering 10 gram, dan batang brotowali 1 jengkal (dipotong-potong). Rebus semua bahan dengan 5 gelas air. Tunggu sampai air tersisa 3 gelas. Setelah itu hentikan proses perebusan dan dinginkan. Bagi tiga air rebusan tersebut, dan konsumsi secara rutin 1 jam sebelum makan @ 1 bagian.

2. Ramuan obat diabetes yang dibarengi hipertensi dan kesemutan

21 lembar daun mimba, herba pegagan dan sambiloto kering @ 10 gram. Semua bahan direbus dengan dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Angkat dan tiriskan. Gunakan air rebusan untuk 3 kali minum setiap hari 1 jam sebelum makan.

3. Mengobati diabetes melitus disertai keluhan nyeri pada jantung dan dada.

Daun mimba segar 21 lembar, heba sambiloto 10 gram, daun sembung 5 gram. Daun mimba dan herba sambiloto direbus dengan air 2 gelas sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan. Daun sembung diseduh dengan air panas satu gelas. Kedua ramuan tersebut bisa anda minum setiap hari sebelum makan pagi, siang, dan sore.

Dalam proses perebusan, gunakan api kecil agar zat dan senyawa dalam bahan ramuan bisa larut dalam air. Penggunaan ramaun sebagai obat herbal diabetes melitus atau penyakit lainnya, harus sesuai dengan dosis yang ditentukan, hal ini untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top