Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Cara mengatasi penyakit diabetes ~ konsumsi obat-obatan antidiabetes dalam jangka panjang akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan dan bisa mengakibatkan resistensi sehingga pemberian dosis obat-obatan tersebut semakin lama semakin tinggi. Untuk itu, perlu dilakukan alternatif lainnya untuk mengatasi penyakit diabetes dalam tubuh, salah satunya dengan terapi herbal.

cara mengatasi penyakit diabetes

Terapi herbal merupakan metoda pengobatan dengan memanfaatkan ramuan yang berasal dari tanaman berkhasiat. Tanaman obat yang bisa anda pilih untuk mengatasi penyakit diabetes satu diantaranya yaitu dengan memanfaatkan bagian kulit dari buah manggis.

Pemanfaatan kulit manggis untuk mengatasi penyakit diabetes bukan tanpa alasan. Kulit manggis mengandung berbagai senyawa penting yang berkhasiat. Salah satunya xanthone. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas pemicu sejumlah penyakit dalam tubuh seperti anthritis, kanker, katarak, jantung dan Diabetes melitus ( Mardiana,2011).

Penelitian seputar manfaat kulit manggis untuk mengatasi DM tipe-2

Khasiat kulit manggis untuk mengatasi penyakit diabetes telah dibuktikan dalam beberapa penelitian, diantaranya yang dilakukan oleh Jay K Udani dan penelitian lainnya dari School of Medicine (University of California, los Angeles). Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa jus kulit manggis berpotensi mencegah diabetes melitus dan penyakit kardiovaskuler pada penderita obesitas. Penelitian lainnya dilakukan oleh Un Sukandari Lamo (Stikes Ngudi Waluyo, Unggaran), dimana penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh pemberian air rebusan kulit manggis terhadap penderita diabetes melitus tipe 2. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa ada perbedaan antara kadar glukosa sebelum dan sesudah pemberian air rebusan kulit manggis, dimana kadar glukosa penderita diabetes melitus mengalami penurunan setelah mengkonsumsi air rebusan dari kulit manggis dalam jangka waktu yang ditentukan.

Fungsi Xanthone dalam kulit manggis untuk penderita DM tipe-2

Fungsi dari senyawa xanthone bagi penderita diabetes melitus tipe-2 yaitu dapat mencegah resistensi insulin dalam tubuh sehingga dapat menjaga kadar gula dalam darah, menurunkan kadar gula darah, dan mengatasi efek samping yang ditimbulkan akibat tidak stabilnya kadar gula darah seperti lemas dan cepat merasa lelah.

Xanthone juga bersifat antioksidan, sehingga dapat melindungi sel beta pankreas dari kerusakan dan meregenerasi kembali sel beta pankreas yang rusak  akibat radikal bebas. Fungsi dari sel beta pankreas sendiri yaitu sebagai tempat produksi insulin untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

khasiat air rebusan kulit manggis

Cara membuat ramuan obat diabetes dari kulit manggis

Cara mengolah kulit manggis sebagai obat herbal diabetes yaitu dengan merebus bagian kulit manggis. Kemudian air rebusan tersebut bisa anda minum secara rutin sampai kadar glukosa dalam darah menjadi normal kembali. Cara membuat air rebusan kulit manggis, telah diulas pada artikel sebelumnya dengan judul menurunkan kolesterol dengan kulit manggis.

Selain dengan memanfaatkan kulit manggis, tentunya masih banyak bahan herbal lainnya yang bisa anda manfaatkan dalam upaya mengatasi penyakit diabetes. Silahkan baca artikel-artikel sebelumnya yang berkaitan.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top