Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Manggis adalah salah satu tanaman buah yang berasal dari hutan tropis teduh di wilayah asia tenggara (Indonesia dan Malaysia),  menyebar ke beberapa wilayah lainnya seperti srilangka, australia utara,  karibia, dan amerika tengah. Di Indonesia, manggis memiliki beberapa nama daerah antara lain: manggu (jawa barat, manggista (sumbar), manggus (lampung), manggusto (Sulawesi utara), dll.

manfaat buah manggis

Manggis umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman penghasil buah, rasa dari buah manggis manis menyegarkan. Buah matang biasanya dikonsumsi langsung atau diolah menjadi produk kaleng dan sirup. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah manggis, karena selain memiliki rasa yang enak, dalam daging buahnya terdapat kandungan gizi penting yang bisa menjadu sumber pemenuhan gizi harian bagi tubuh. Selain itu, ternyata bagian kulit yang biasanya kita buang, ternyata mengandung zat dan senyawa penting yang memiliki khasiat pengobatan luar biasa.

Kandungan gizi dan manfaat buah manggis

Sejumlah manfaat pada buah manggis tentunya tidak terlepas dari kandungan gizi, zat dan senyawa aktif yang terdapat pada bagian daging ataupun kulit buah manggis.

Kandungan Gizi buah manggis.

Dalam daging buah manggis, terkandung sejumlah gizi penting bagi tubuh, diantaranya: kalori, protein, karbohidrat, lemak, fosfor, mineral (kalsium, kalium, natrium, seng, mangan, zat besi, vitamin (A, B1, dan C), air (sumber: Direktorat Gizi, Departemen Kesehata RI, 1981). Terdapat juga beberapa zat dan senyawa seperti: xanthones, Catechins, polisacharides, Quinones.

Kandungan senyawa kulit buah manggis

Kandungan senyawa aktif dalam kulit manggis, antara lain: xantone, getah kuning, antosianin (Cyanidin-3-glucoside dan Cyanidin-3-sophoroside), pektin, tanin, dan resin.

manfaat kulit manggis

Xantone merupakan salah satu senyawa aktif yang sangat banyak terdapat dalam kulit manggis. Sekitar 50 jenis senyawa xantone dalam kulit manggis bersifat antioksidan, diantaranya: α-mangostin, β -mangostin, y-mangostin, mangostanol, mangostenol, mangostanin, gartanin, dan euxanthone.

Senyawa aktif yang terkandung dalam buah manggis, mengandung sejumlah aktivitas farmakologi seperti antihistamin, antiinflamasi, antikanker, antimikroorganisme, antivirus, antijamur, antioksidan, dan penurun kolesterol.

Manfaat buah manggis untuk kesehatan.

Dengan kandungan gizi, zat dan senyawa aktif yang terdapat dalam daging buah maupun kulit buahnya. Buah manggis dapat memberikan banyak sekali manfaat dan khasiat untuk tubuh. Berikut sejumlah manfaat buah manggis yang bisa anda dapatkan:
  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Mengatasi sejumlah peradangan pada organ tubuh
  3. Meningkatkan kesehatan otak dan syaraf, serta mencegah penyakit Alzheimer dean Parkinson
  4. Mencegah obesitas
  5. Mempercepat proses penyembuhan luka
  6. Obat herbal untuk wasir, diabetes, diare, sariawan,dan jantung
  7. Menurunkan kolesterol, stress dan depresi
  8. Menjaga kesehatan mata, dan mencegah katarak
  9. Mengatasi migraine / sakit kepala sebelah
  10. Membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas.
  11. Mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.
  12. Alat bantu sistem getah bening
  13. Mengurangi rasa nyeri
  14. Memperlambat proses penuaan dini

jus kulit manggis

Selain yang telah disebutkan diatas, tentunya masih banyak manfaat buah dan kulit manggis lainnya yang bisa anda dapatkan. Silahkan cari literatur lainnya demi memperkaya pengetahuan dan wawasan anda.

Sumber:
http://download.portalgaruda.org/
http://metroterkini.com/
http://mot.farmasi.ugm.ac.id/
http://manfaat.co.id/manfaat-buah-manggis

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Setuju sekali
    Artikel yang bermanfaat
    Senang berkunjung di website anda
    Terima kasih admin

    BalasHapus


Top