Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Mengenai khasiat belimbing wuluh dalam menurunkan gula darah, tentunya tidak terlepas dari senyawa aktif yang terkandung didalamnya. Pada bagian daun dan buah belimbing wuluh, terkandung senyawa flavonoid dan saponin, keduanya merupakan senyawa yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

khasiat belimbing wuluh untuk menurunkan gula darah

Saponin berperan dalam menghambat penyerapan glukosa dengan mencegah aliran glukosa menuju brush border intestinal di usus halus. brush border intestinal merupakan tempat penyerapan glukosa. Sedagnkan Flavonoid berperan menghambat kinerja enzim alfa glikosidase sehingga dapat menunda penyerapan glukosa oleh tubuh. .(Stefani Candra, Univ Dipenogoro. 2012).

Saponin dan flavonoid juga dapat merangsang peningkatkan fungsi pankreas dalam memproduksi dan melepaskan hormon insulin, serta membantu meregenerasi sel-sel beta pankreas yang rusak.

Manfaat daun belimbing wuluh untuk turunkan gula darah

selain saponin dan flavonoid, daun belimbing wuluh juga mengandung tanin yang bersifat hipoglikemiik (menurunkan gula dalam darah), dengan cara meningkatkan proses glikogenesis (merubah glukosa menjadi glikogen) sehingga jumlah glukosa dalam darah tetap normal. Tanin juga berperan dalam mengkerutkan membran epital usus halus sehingga penyerapan sari makanan dapat dikurangi, hal ini dapat menghambat peningkatan kadar gula dalam darah.

manfaat daun belimbing

Manfaat buah belimbing wuluh untuk diabetes

Bagi penderita diabetes, memasukan buah belimbing wuluh sebagai menu harian, cukup dianjurkan oleh para ahli kesehatan, karena selain berperan dalam membantu menurunkan gula darah, buah belimbing juga membantu mencegah terjadinya proses pengeroposan tulang. Umumnya penderita diabetes akan mengalami kekurangan kalsium akibat adanya pembatasan asupan makanan. Untuk mengatasinya, para penderita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi cukup tapi tidak berpotesi menaikkan kadar gula dalam darah. Buah belimbing mengandung gizi cukup komplek yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, garam mineral, protein, air dll. Salah satu garam mineral yang terkandung dalam buah belimbing yaitu kalsium. Garam mineral yang satu ini berperan sebagai nutrisi tulang. Terpenuhinya kebutuhan tulang akan kalsium dapat meningkatkan kekuatan tulang dan gigi.

manfaat buah belimbing

Ramuan obat diabetes dari daun dan buah belimbing wuluh.


Cara pembuatan ramuan obat diabetes dengan memanfaatkan buah ataupun daun belimbing wuluh, cukup mudah dilakukan. Berikut beberapa ramuan yang bisa anda coba buat dirumah.

Ramuan obat tradisional diabetes yang pertama yaitu dengan memanfaatkan buah belimbing wuluh. Siapkan 6 buah belimbing masak yang masih segar, cuci bersih lalu lumatkan. Langkah selanjutnya, rebus dengan satu gelas air sampai tersisa setengannya. Angkat dan dinginkan, saring lalu bagi dua air rebusan. konsumsi pagi dan sore @ ½ bagian.

Ramuan obat diabetes kedua yaitu dengan menggunakan daun belimbing wuluh yang masih segar ±20 gram, cuci bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan, saring air rebusan dan gunakan untuk konsumsi 2 kali sehari.

Sumber:

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

3 komentar:

  1. luar biasa sekali informasinya,
    sangat menambah pengetahuan dan wawasan min.
    ijin share :
    http://herbalsemarang.com/

    BalasHapus
  2. info yang sangat bagus...mantap

    BalasHapus
  3. sejuta manfaat dibalik keasamannya wkwkwk :v

    BalasHapus


Top