Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Maag merupakan salah satu penyakit yang menggangu organ pencernaan seperti lambung dan usus 12 jari. Penyebab maag umumnya dikarenakan pola makan yang tidak teratur. Penyebab sakit maag lainnya antara lain: bekerja melebihi kemampuan fisik, adanya ketegangan para urat-urat syaraf, serta kadar asam klorida dengan jumlah berlebih dalam lambung.

penyebab maag

Kenali gelaja maag

Mengenali gejala maag sejak dini, memungkinan anda untuk menangani penyakit ini sedini mungkin agar tidak menjadi lebih parah.  Berikut gejala awal penyakit maag yang biasa terjadi:
  1. Rasa perih dan mulas pada perut bila kosong
  2. Terasa sakit pada bagian perut ketika makan, dan terkadang diikuti rasa ingin muntah.
  3. Turunnya selera makan, dan dibarengi rasa sakit pada bagian kepala.

Maag digolongkan sebagai penyakit ringan. Tapi bila tidak ditangani dengan baik, bisa menjadi akut dan menyebabkan penyakit lainnya seperti kelumpuhan, kanker lambung, bahkan kematian. Untuk itu, anda harus melakukan pencegahan sejak dini agar penyakit maag yang anda derita tidak menjadi lebih para. Berikut langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan.
  • Berikan tubuh waktu istirahat yang cukup minimal jam sehari.
  • Hindari ketegangan dan kecemasan berlebih.
  • Atur pola makan menjadi lebih baik, hindari membiarkan perut kosong dalam waktu lama.
  • Atur porsi asupan makanan kedalam tubuh, jangan kurang atau berlebih, karena tidak baik bagi organ pencernaan.
  • Hindari konsumsi makanan bertekstur keras, karena akan membuat kerja organ pencernaan menjadi berat dalam mencerna makanan tersebut.
  • Hindari konsumsi bahan makanan (sayuran) dengan kadar serat berlebih dan yang menimbulkan gas.
  • Kurangi konsumsi makanan pedas dan minuman yang mengandung zat aditif seperti kopi, teh kental, santan, air kaldu, minuman bersoda dan berakohol.
  • Biasakan makan dengan pelan, kunyah makanan dengan baik dalam mulut kalau bisa sampai halus.

gejala maag

Pengobatan penyakit maag

Untuk mengobati penyakit maag, anda bisa mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter, atau bisa juga memanfaatkan sejumlah ramuan obat herbal maag yang terbuat dari berbagai macam tanaman obat berkhasiat. Penggunaan obat-obatan herbal ini cukup dianjurkan karena memiliki efek samping relatif kecil walaupun digunakan dalam jangka waktu lama. 

Banyak tanaman disekitar lingkungan rumah anda, yang tanpa disadari menyimpan khasiat sebagai obat maag. Pada artikel sebelumnya telah diulas mengenai berbagai macam tanaman obat untuk atasi sakit maag, berikut cara pengolahannya. Silahkan baca untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan anda.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top