Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Obat maag tradisional ~ Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol (LDL dan trigliserida), mengkonsumsi buah alpukat terutama yang telah diolah menjadi jus, dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta bisa menjadi obat tradisional untuk penyakit maag.

buah alpukat obat maag tradisional

Kemampuan buah alpukat sebagai obat maag tradisional, disebabkan sejumlah zat dan senyawa didalamnya, antara lain tanin, garam mineral, dan asam lemak tak jenuh.

Pada penderita sakit maag, bagian mukosa lambung (lapisan saluran pencernaan) akan mengalami gangguan akibat naiknya kadar asam lambung dan pepsin. Keduanya bersifat korosif sehingga dapat merusak mukosa lambung.  Selain asam lambung dan pepsin, bahan makanan dan obat-obatan yang kita konsumsi juga bisa menyebabkan iritasi pada mukosa lambung, seperti alkohol dan obat-obatan anti-inflamasi seperti aspirin.

Penggunaan obat-obatan seperti aspirin banyak dikonsumsi masyarakat untuk mengurangi rasa nyeri dan juga peradangan, tapi bila jumlahnya berlebihan, dapat memicu efek samping bagi tubuh, khususnya saluran pencernaan. Zat-zat aditif dalam obat-obatan tersebut dapat menghambat pembentukan prostaglandin. Fungsi dari prostaglandin sendiri yaitu untuk mencegah sekresi asam lambung berlebih dan merangsang peningkatan sekresi mukosa usus halus yang bersifat sitoprotektif (meningkatkan produksi dan sekresi lapisan lendir / mukus). Adanya ketidak seimbangan antara faktor perusak lambung (asam lambung, pepsin, zat aditif) dengan faktor pelindung (mukus), maka akan menimbulkan iritasi dan juga peradangan pada lambung.

Tanin berperan dalam menjaga integritas membran mukosa. Salah satu komponen fitokimia ini bersifat astringen yang membantu pembentukan lapisan pelindung pada mukosa lambung sehingga menghalangi absorpsi zat-zat yang bersifat toksik /racun, serta mempertahankan lapisan mukosa terhadap kerja berbagai enzim proteolitik (enzim pengurai protein). Tanin juga berperan penting dalam menurunkan permeabilitas lapisan terluar mukosa dan mencegah terjadinya infeksi akibat bakteri, dan iritasi bahan kimia / zat aditif.

Garam mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, dan sodium bermanfaat untuk menjaga kadar asam lambung denga menetralisir asam lambung berlebih. Linoleat  termasuk asam lemak tak jenuh yang merupakan prukesor (senyawa awal) asam arakodinat yang nantikan akan diubah menjadi prostaglandin.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah alpukat sebagai obat maag tradisional, anda bisa mengkonsumsinya satu buah sehari secara langsung, atau diolah menjadi jus.

Mengatasi sakit maag dengan biji alpukat

Selain dengan memanfaatkan buahnya, anda juga bisa menggunakan bagian biji buah alpukat untuk mengatasi sakit maag. Memang belum banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui khasiat dari biji alpukat untuk pengobatan, khususnya dalam mengatasi penyakit maag. Tapi penggunaannya sebagai obat tradisional sudah dilakukan oleh sebagian kecil masyarakat.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba mengatasi sakit maag dengan memanfaatkan biji alpukat, anda perlu mengolahnya terlebih dahulu menjadi ramuan obat. berikut cara pembuatannya.

mengatasi sakit maag dengan biji alpukat

Siapkan 1 bjii alpukat, cuci bersih lalu parut. Seduh biji alpukat yang telah diparut tersebut dengan air matang 100 cc. diamkan beberapa saat, kemudian saring. minum 2 kali sehari pagi dan sore secara rutin sampai penyakit maag yang anda derita membaik.

Selain dengan pemanfaatan buah alpukat, tentunya masih banyak obat maag tradisional lainnya yang bisa anda gunakan.
Sumber: core.ac.uk/

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top