Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Alpukat adalah satu dari sekian banyak tanaman buah yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Tekstur buahnya yang lembut dan rasanya yang gurih, menjadikanya banyak dikonsumsi oleh semua kalangan. Selain rasanya yang enak, buah alpukat juga kaya akan gizi yang penting bagi tubuh.

manfaat alpukat untuk kesehatan

Meskipun banyak tumbuh di beberapa wilayah Indonesia, ternyata buah alpukat bukan asli tanaman Indonesia. Tanaman dengan nama ilmiah Persea Americana Mill ini diperkirakan berasal dari amerika tengah, menyebar kebeberapa wilayah amerika,dan asia. Alpukat masuk ke-indonesia sekitar abad 18 (Bappenas, 2000). Tekstur tanah dan juga iklim yang cocok, menjadikannya tumbuh subur di beberapa wilayah Indonesia seperti jawa (sunda, jawa tengah, jawa timur), dan sebagian wilayah sumatera.

Nama daerah

Untuk setiap daerahnya, alpukat memiliki nama yang berbeda, diataranya: alpukat, alpuket, apuket, jambu wolanda (sunda /Jawa barat), alpokat (Jawa), pookat atau advokat ( Lampung), pokat, jamboo pokat (batak) (sindriani dan suminarsih, 1997).

Taksonomi tanaman

Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Sub Divisi: Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Ordo: Laurales
Famili: Lauracea
Genus: Persea
Spesies: Persea americana Mill.(Bappenas, 2000).

Deskripsi tanaman

Pohon tumbuh hingga mencapai 20 meter. Akar tanaman tunggang, batang berkayu dengan warna coklat, memiliki banyak cabang, ranting ditumbuhi rambut halus. Daun tunggal, bentuk bulat telur dengan bagian pangkal dan ujung runcing, sedangkan bagian tepi rata. Panjang daun 10-20 cm, lebar 3-10 cm, warna daun muda kemerahan dan berambut rapat, warna daun tua hijau dan gundul. Tumbuh berdesakaan pada ujung ranting, daun bertangkai dengan panjang 1,5-5 cm. Bunga majemuk, berkelamin ganda, warna kuning kehijauan, ukuran 5-10 mili meter. tumbuh pada ujung ranting. Buah bulat atau bulat telur,warna hijau atau hijau kekuningan dengan bintik-bintik ungu / ungu. Panjang buah 5-20 cm. buah masak memiliki tekstur lunak dengan rasa gurih. Warna daging buah yagn masak berwarna hijau muda dekat kulit, dan kuning muda dekat biji. Biji tunggal, bentuk bulat dengan keping biji putih kemerahan, biji berdiameter 2,5-5 (BPPT, 2005).

Kandungan gizi dan senyawa dalam alpukat

Alpukat dikenal sebagai tanaman buah dengan kandungan gizi dan senyawa aktif yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan gizi buah alpukat

Dalam buah alpukat terdapat kandungan gizi yang cukup lengkat seperti: kalori, protein, lemak tak jenus, karbohidrat, garam mineral (kalsium, fosfor, besi, mangan, magnesium, kalium), air, dan vitamin (A, B1, dan C). Selain itu,terdapat beberapa zat dan senyawa penting seperti Beta-sitosterol, saponin, alkaloid, flavonoid, klorofil, polifenol, quersetin, glutation, lemak tak jenuh tunggal oleat (Omega-9).

manfaat buah alpukat

Kandungan senyawa biji alpukat

Biji alpukat memang tidak banyak mengandung gizi, tapi terdapat sejumlah senyawa aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh serta mengatasi berbagai masalah pada tubuh baik karea penyakit atau gangguan lainnya. Senyawa dalam biji alpukat diantaranya: tanin, oleat, linoleat, asam linolenat.

gambar biji alpukat

Kandungan senyawa daun alpukat

Daun alpukat banyak mengandung senyawa seperti, polifenol, flavonoid, saponin, alkaloid, quersetin, dan gula alkohol persiit (Yuniarti, 2008).

Manfaat alpukat untuk kesehatan

Kandungan gizi dan senyawa aktif dalam alpukat ( daun, buah, dan biji) dapat memberikan sejumlah efek farmakologis yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut sejumlah manfaat dari alpukat dengan memanfaatkan bagian-bagian tersebut sebagai obat.

Manfaat buah alpukat

  1. Menurunkan kadar kolesterol (LDL, dan trigliserida), mencegah pengerasan arteri, melancarkan peredaran darah.
  2. Menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang
  3. Bersifat antioksidan, mampu memberikan perlindungan tubuh terhadap radikal bebas penyebab penyakit.
  4. mengobati kanker, stroke, dan penyakit kardiosvolar lainnya.
  5. Menurunkan tekanan darah,
  6. Menjaga kesehatan otak dan sistem syaraf
    Menurunkan kadar gula darah
  7. Mengobati alergi, sariawan, radang gusi, sakit gigi, sakit perut , dan disentri.
  8. Menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Manfaat biji alpukat

  1. Sebagai obat herbal diare, sakit gigi, dan kencing manis.
  2. Mengatasi bengkak karena peradangan
  3. Menjaga kesehatan jantung
  4. Menurunkan kolesterol LDL, meningkatkan HDL.
  5. Sebagai obat herbal maag dan mengatasi perut kembung.

manfaat daun alpukat

Manfaat daun alpukat

  1. Bersifat diuretik sehingga dapat melancarkan buang air kecil
  2. Mengobati kencing batu, menghancurkan batu ginjal, disentri, diare, sakit perut, sakit punggung
  3. Menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal
  4. Mengatasi sakit kepala dan nyeri syaraf.
  5. Meredakan nyeri lambung, nyeri haid, dan sakit tenggorokan.
  6. Mengatasi pembengkakan pada saluran pernapasan,dan haid tidak lancar.

Sumber :

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top