Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Pemanfaatan seledri sebagai obat alami penurun kolesterol sudah dilakukan banyak orang sebagai salah satu cara alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh terutama jenis LDL (low density lipoprotein).

seledri obat alami penurun kolesterol

Kemampuan yang dimiliki seledri untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah ini disebabkan kandungan tanin yang terdapat didalamnya. Tanin merupakan satu dari sekian banyak zat aktif dalam ekstrak seledri yang bersifat polar. Zat ini berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jenis LDL berlebih dalam darah sehingga tidak terjadi pengendapan pada pembuluh arteri.

Penelitian tentang khasiat seledri dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah telah banyak dilakukan, Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Umarudin, R. susanti, dan Ari yuniastuti dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini ditekankan untuk mengetahui pengaruh pemberikan ekstrak tanin dalam seledri terhadap kadar lipid tikus putih. Dari hasil peneltian diketahui adanya efek signifikan penurunan kolesterol total dan LDL, tapi ekstrak tanin tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kadar HDL dan Trigliserida.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh 5 orang peneliti dari Universitas Yogyakarta yaitu Dwi Arum Sari , Fitri Purnamasari, Irfan Aziz N, Puji Astuti , dan Rahma Berlianti S (Prodi Biologi), dimana tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian kombinasi ekstrak ekstraks Buah Jipang (Sechium Sp.) dan ekstrak Daun Seledri (Apium graveolens L.). ekstrak dari daun jenis tanaman tersebut diambil dari buah jipang dan daun seledri masing-masing 1000 gram, dan dihaluskan dengan memanfaatkan alat pembuatan jus. Ekstrak dari  biji jipang dan daun seledri ini kemudian diberikan kepada tikus selama beberapa hari. hasilnya, tikus yang mendapatkan asupan kedua ekstrak tanaman tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Mengolah daun seledri sebagai obat penurun kolesterol alami

manfaat ekstrak seledri

Untuk mendapatkan manfaat seledri sebagai obat penurun kolesterol alami, anda bisa mengolahnya menjadi minuman kesehatan seperti jus ataupun direbus untuk dikonsumsi air rebusannya (baca ramuan obat penurun kolesterol part 1).Anda bisa mengkonsumsi jus / air rebusan  seledri ini secara rutin setiap hari 1 gelas sampai kadar kolesterol dalam tubuh normal.

Sumber artikel:

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top