Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Pengobatan diabetes melitus tipe-2 dengan memanfaatkan biji rambutan, mungkin merupakan hal baru, dan tentu semakin menambah alternatif pengobatan diabetes melitus secara tradisional.

pengobatan diabetes melitus

Khasiat biji rambutan sebagai obat herbal diabetes tentunya tidak terlepas dari kandungan kimia didalamnya. Menurut Kris Cahyo Mulyatno (ITD- - Universitas Air langga), dalam ekstrak biji rambutan terdapat kandungan gizi yang cukup baik bagi tubuh, diantaranya: protein, lemak, karbohidrat, dan lemak polifenol dengan kadar cukup tinggi. Zat dan senyawa dalam biji rambutan tersebut bisa memberikan efek hipoglikemik (penurun kadar gula darah).

Kemampuan biji rambutan dalam menurunkan gula darah juga telah dibuktikan dari beberapa penelitian yang dilakukan, diantaranya oleh Fitria Primi Aprilia (Fakultas farmasi –Univ Jember. 2010). Dalam penelitian dengan mecit sebagai objek penelitiannya tersebut, didapatkan hasil bahwa pemberikan ekstrak biji rambutan pada mecit dapat menurunkan kadar gula dalam darah mecit. Kandungan kimia dalam ekstrak biji rambutan yang berkhasiat menurunkan gula darah yaitu lavonoid, polifenol, dan tanin. Kombinasi ketiganya mampu menurunka glukosa darah pada hewan ujicoba. Peneliti lainnya yaitu pram pramono menyebutkan bahwa terdapat senyawa fenolik dan flavonoid dalam ekstrak methanol biji rambutan. Ekstrak biji rambutan dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes karena memiliki aktivitas hipoglikemik.

Mengolah biji rambutan untuk pengobatan diabetes

Pengolahan biji rambutan sebagai ramuan untuk pengobatan diabetes melitus yaitu dengan cara merubahnya menjadi serbuk halus, kemudian diminum sebagai minuman kesehatan. Berikut uraian lengkap cara mengolah biji rambutan dan cara penggunaanya untuk mengobati penyakit diabetes yang anda derita.

sangrai biji rambutan

Siapkan biji rambutan dari 5 buah rambutan matang, potong-potong menjadi ukuran kecil, lalu sangrai sampai berwarna kuning kehitaman. Langkah selanjutnya, haluskan biji rambutan tersebut dengan cara digiling/ ditumbuk. Biji rambutan yang telah dihaluskan dimasukan kedalam gelas, lalu seduh dengan air panas. Diamkan beberapa saat sekitar 20 menit / sampai dingin. Saring untuk dipisahkan air dan hampasnya. Untuk pengobatan diabetes melitus, minum air dari seduhan biji rambutan secara rutin 1-3 kali sehari sampai kadar gula dalam darah anda normal kembali.

Sumber :

About Tata gunawan

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top