Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Manfaat tapak dara - Melihat kecantikan bunganya, tentunya anda tidak akan menyangka bila tapak dara ternyata tidak hanya berperan sebagai tanaman hias. Tapi lebih dari pada itu, tanaman yang berasal dari amerika tengah ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

manfaat tapak dara

Tanaman yang dikenal juga dengan nama rumput jalang (sumatera), atau kembang sari cina (jawa) ini diketahui mengandung zat dan senyawa penting yang dapat memberikan beberapa efek farmakologis yang bermanfaat bagi tubuh seperti antikanker, diuretik (peluruh kencing), penyejuk , penenang (sedatif), hipotensif (penurun tekanan darah), penghenti pendarahan (hemostatis), antitoksin, peluruh haid, dan pereda demam.

Kandungan kimia dan manfaat tapak dara

Dalam tanaman tapak dara, mulai dari akar hingga daun, terkandung banyak sekali senyawa penting yang bermanfaat. Senyawa aktif yang paling banyak adalah alkaloid yaitu lebih dari 70 macam alkaloid terdapat pada tanaman tapak dara, diantaranya: leuroctistine, vincaleukoblastin, lochnerin, tetrahidroalstonin, leurosin, leurosidin, vindolin, vindolinin, vinkadiolin, dan katarantin. Pada bagian akar tapak dara, terkandung jua saponin, flavonoid dan tanin.

bunga tapak dara merah

Manfaat tapak dara sebagai ramuan obat

Berbagai manfaat tapak dara sebagai obat herbal yang berguna untuk mengatasi penyakit ringan hingga yang tergolong berat. Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat adalah akar baik segar atau kering. Beberapa jenis penyakit yang bisa obati dengan memanfaatkan ramuan obat dari tapak dara diantaranya: tekanan darah tinggi, kencing manis, susah buang air kecil, hepatitis, malaria, pendarahan sebagai akibat turunnya jumlah trombosit darah ( biasaya terjadi pada penderita demam berdarah), haid tidak lancar, diabetes, kanker, leukemia, dan susah buang air besar.

akar tapak dara

Efek samping yang ditimbulkan.

Pemanfaatan herba tapak dara sebagai obat bukan tanpa efek samping. Sebagian dari alkaloid yang terkandung dalam tapak dara seperti: vincamine, akuammine, leurosine, vinleurosin, vintosidin, norharman, dan lainnya bersifat racun dan bisa menimbulkan beberapa efek samping seperti demam, muntah-muntah, tubuh lemas, terkadang bisa menyebabkan hilangnya refleks tendon, memicu halusinasi, koma bahkan kematian. ( sumber : id.wikipedia.org).

Untuk mencegah timbulnya efek samping tersebut, batasi dosis penggunaan ramuan obat dari tapak dara dan penggunaannya jangan dilakukan secara terus menerus.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top