Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Obat menurunkan kolesterol -  ketidak seimbangan antara oksidan dan antioksidan dapat memicu terjadinya kerusakan oksidatif sehingga mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu Aterosklerosis.

obat menurunkan kolesterol

Aterosklerosis merupakan peradangan pada pembuluh darah karena penumpukan plak. Salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit aterosklerosis yaitu hiperlipidemia. Salah satu indicator untuk mengukur hiperlipidemia adalah nilai kolesterol total. Adanya kelebihan kolesterol total (hiperkolesterolemia) disebabkan adanya peroksidasi asam lemak tak jenuh ganda yang terdapat pada LDL dan membran sel. Asam lemak tak jenuh ganda ini akan mengalami peroksidasi dan menghasilkan  produk bersifat toksin yang disebut MDA (Malondialdehid).

Manfaat kubis dalam menurunkan kolesterol total yaitu terletak pada kandungan kimia didalamnya. Kubis mengandung sejumlah kandungan gizi diantaranya: vitamin ( B3, B5, B9, dan C), mineral, karetinoid ,serat dan senjumlah senyawa aktif seperti  iberin, indol, isotiosoanat, glukosinolat, dan sianohidroksibutena. Kandungan zat dan senyawa tersebut diduga dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Mengolah kubis sebagai obat untuk menurunkan kolesterol

Mengolah kubis menjadi obat untuk menurunkan kolesterol, yaitu dengan menjadikannya sebagai jus. Jus kubis memiliki banyak sekali khasiat dalam menurunkan kolesterol. Berikut uraian lengkapnya.

manfaat jus kubis
  1. Kandungan serat dalam jus kubis mampu membantu menurunkan kolesterol dengan cara meningkatkan sekresi asam empedu dan mencegah terjadinya absorbsi kolesterol.
  2. Kandungan vitamin C dalam jus kubis dapat membantu reaksi hidroksilasi dalam pembentukan asam empedu dimana dalam prosesnya membutuhkan jumlah kolesterol yang tidak sedikit, sehingga dapat menurunkan kolesterol darah.
  3. Asam nikotinat atau vitamin B3 dapat menurunkan produksi VLDL sehingga dapat menurunkan trigliserida dan juga kolesterol serum.
  4. Asam pantothenat (vitamin B5) dalam tubuh akan berubah menjadi pantethin, bekerja efektif untuk menghambat enzym HMG Ko-Areduktase yaitu enzim yang berperan dalam prores sintesis kolesterol.
    Asam folat (B9) memiliki kemiripan caranya kerjanya seperti obat statin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  5. Zat dan senyawa lainnya dalam kubis berperan dalam merangsang tubuh untuk memproduksi glutation sebagai antioksidan endogen. Jumlah antioksidan yang cukup dalam tubuh dapat meminimalisir kerusakan sel akibat radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. 

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top