Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Dibalik rasanya yang pahit, pare ternyata dapat digunakan sebagai obat diabetes alami. Banyak zat dan senyawa yang terkandung dalam ekstrak buah pare mampu menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak.

obat diabetes alami dari buah pare

Buah pare terutama yang masih muda, banyak mengandung  flavonoid, polifenol (antioksidan kuat), saponin, glikosida cucurbitacin, charantin, momordicin, dan beberapa vitamin (A, B, C). Dari semua senyawa tersebut, salah satu senyawa yang berperan sebagai obat diabetes alami adalah Charantin.

Charantin merupakan senyawa sejenis fitosterol  atau glikosida kompleks  yang memberikan rasa pahit pada buah pare. Senyawa ini mampu merangsang peningkatan laju metabolisme sel melalui penggunaan glukosa oleh sel target. Efeknya tentu saja baik dalam pengurangan jumlah glukosa dalam darah. Selain Charantin, buah pare juga kaya akan vicine, dan polipeptida-p (protein mirip insulin), kedua memiliki peran yang sama dengan charantin dalam menekan kadar glukosa darah agar jumlahnya tidak berlebih.

Zat dan senyawa lainnya yang secara tidak langsung berperan dalam penurunkan kadar gula darah yaitu flavonoid, polifenol, dan vitamin C. ketiganya memiliki efek hipoglikemi. Flavanoid dapat meregenerasi sel beta pankreas sekaligus merangsang pelepasan insulin oleh sel tersebut. Polifenol bersifat antioksidan yang dapat menetralisis kerusakan sel beta pankeas oleh radikal bebas, sedangkan vitamin C berperan dalam mencegah kematian sel beta pankereas serta mengurangi stress oksidatif.

Baca juga artikel terkait: obat herbal asma dari pare dan madu

Mengolah buah pare sebagai obat diabetes

manfaat jus pare

Ektrak dari buah pare terbukti secara klinis dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan meningkatkan sekresi insulin, sintesis glikogen otot hati, asupan glukosa jaringan, oksidasi glukosa dan menurunkan glukoneogenesis hati.

Untuk mendapatkan manfaat buah pare secara maksimal sebagai obat diabetes alami, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pare yang masih muda secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi minuman kesehatan seperti jus. Anda bisa juga mengolahnya dengan cara direbus, tapi mungkin bila melalui proses ini, kandungan kimia penting dalam buah pare akan sedikit berkurang dibandingkan bila dibuat jus atau dimakan langsung.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top