Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Daun sendok merupakan salah satu tanaman liar yang bisa kita temui di pekarangan rumah yang lembab, kebun, dan ladang. Bentuk daunnya yang menyerupai sendok, sehingga masyarakat menyebutnya sebagai daun sendok.

manfaat daun sendok

Sebagian masyarakat yang sudah mengetahui manfaat dari daun sendok, banyak yang mengembangbiakannya dipekarangan rumah dengan menanamnya langsung ditanah atau dengan media pot.

Kandungan kimia daun sendok

Bagian herba mengandung sejumlah zat dan senyawa diantaranya: aukubin, asam ursolik, plantagin, plantagluside (methyl D-galakturonat, D-galaktosa, L-rhammosa, L-arabinosa), beta sisterol, n-hentriakontan, tanin, garam mineral (kalium), dan sejumlah vitamin (B1, C, A).

Pada bagian biji terkandung protein, asam lemak (arakidat,lenoleat, linolenat, oleat, palmitat, dan stearat), asam planterolik, asam suksinat, aucubin, adenine, katalpol, syrigin, cholin, plantasan (arabinose, asam galacturonat, rhamnose, dan xylose), dan flavanone glycoside.

Sifat dan khasiat dari daun sendok

Herba bersifat manis dan dingin. Efek farmakologis  yang dimiliki: antiradang, antipiretik (pereda demam), antiseptic, ekspektoran (peluruh dahak), diuretic (peluruh kencing),  hemostasis (pereda pendarahan), antitusif (pereda batuk), astrigen, penghilang rasa haus, menormalkan aktivitas organ hati, dan menerangkan penglihatan.

Biji bersifat manis, dingin, masuk meridian hati, usus halus, paru, dan ginjal. Efek farmakologis: afrodisiak, diuretic, laksans (pencahar), ekspektoran, menyehatkan paru, menerangkan penglihatan, pereda pana pada hati.

Manfaat daun sendok

Efek farmakologis yang dimiliki herba maupun biji daun sendok, bisa memberikan manfaat begitu besar bagi tubuh, terutama dalam mengatasi berbagai ganguan pada tubuh baik yang disebabkan penyakit atau lainnya. Berikut beberapa manfaat daun sendok sebagai tanaman obat:
  1. Mengatasi masalah yang muncul pada saluran kencing seperti : infeksi saluran kencuing, pembengkakan pada saluran kencing, kencing berdarah, kencing berlemak, kencing manis, dan air kencing sediki disertai rasa sakit, dan rasa penuh diperut bagian bawah.
  2. Obat herbal batu ginjal dan empedu.
  3. Mengatasi peradangan pada prostat, saluran pernapasan (bronchitis), dan mata.
  4. Mengobati demam, batuk  darah, flu, mimisan.
  5. Mengatasi masalah pada pencernaan seperti: nyeri lambung, diare, disentri, dan gangguan pencernaan pada anak.
  6. Mengobati cacingan dan bekas gigitan serangga.
  7. Obat keputihan  dan nyeri otot ( dimanfaatkan bagian akarnya).

herba daun sendok kering

Untuk mendapatkan manfaat daun sendok, anda bisa mengolah seluruh bagian tanaman dalam keadaan segar atau yang telah melalui proses pengeringan terlebih dahulu.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top