Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Berbagai cara mengurangi kolesterol tinggi dengan memanfaatkan ramuan obat herbal sudah banyak jenisnya, beberapa diataranya sudah diulas dalam artikel-artikel sebelumnya. Satu lagi cara alami mengurangi kolesterol yaitu dengan memanfaatkan terong belanda.

cara menurunkan kolesterol tinggi

Terong belanda (Cyphomandra betacea Sendt) merupakan  salah satu tanaman obat alami  penurun kolesterol  yang sudah lama digunakan oleh masyarakat. Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat penurun kolesterol yaitu buahnya.

Buah terong mengandung banyak sekali nutrisi penting bagi tubuh, diantaranya: vitamin (A, C, B6), mineral, dan beberapa senyawa seperti antosianin, karotenoid, isoflavon, dan serat. Kandungan gizi tersebut beberapa diantaranya menjadi sumber antioksidan alami. Mengkonsumsi buah terong belanda dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti memperlancar metabolisme tubuh, meningkatkan sistem imun dan menjaga kesegaran tubuh. Manfaat terong belanda lainnya yaitu dapat membantu mengurangi kolesterol terutama jenis LDL.

Antioksidan yang terdapat dalam terong belanda mampu melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas berlebih dalam tubuh, membantu memperbaiki kerusakan membran biologis dan menghambat produksi dari reseptor LDL

Terong belanda untuk mengurangi kolesterol

Mengenai manfaat buah terong dalam mengurangi kadar kolesterol. Telah dibuktikan dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Ichsan Wiryandi Idris, Usmar, dan Burhanuddin Taebe (fakultas Farmasi Universitas,Universitas Hasanuddin, Makassar). Dari penelitian tersebut, didapatkan fakta bahwa pemberian ekstrak buah terong kepada objek penelitian dapat menurunkan kadar kolesterol pada objek penelitian tersebut.

Terjadinya penurunkan kolesterol total disebabkan pengaruh dari sejumlah senyawa aktif yang terkandung dalam buah terong dengan kadar tinggi. Salah satunya senyawa antosianin, senyawa ini mampu menurunkan kadar kolesterol dan mengikat zat-zat racun yang ada dalam tubuh. Antosianin juga dapat menghilangkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga dapat mencegah penyakit stroke dan jantung.

Mengolah terong belanda untuk obat herbal kolesterol

Untuk mendapatkan manfaat dari terong belanda sebagai satu cara mengatasi kolesterol tinggi, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, atau diolah terlebih dahulu menjadi jus. Cara membuat jus terong belanda cukup mudah. Berikut beberapa resep jus terong belanda yang bisa coba anda buat dirumah.

manfaat jus terong belanda

Resep pertama.

Siapkan 300 gram terong belanda segar, gula / madu secukupnya. cuci bersih terong belanda, lalu potong-potong kecil. Masukan kedalam blender, tambahkan air 1 gelas, kemudian blender sampai halus. Tuangkan kedalam gelas, tambahkan madu / gula secukupnya. minum 1- 2 kali sehari.

Resep kedua.

Cara menurunkan kolesterol dengan resep kedua ini sepertinya bisa jadi pilihan anda, karena campuran beberapa bahan yang digunakan selain baik untuk kesehatan, juga menghasilkan rasa yang enak dan menyegarkan tubuh. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Terong belanda, anggur merah, dan yoghurt tawar @100 gram, susu kental manis/ madu/sirup, es batu. Bahan buah semua dicuci bersih, terong belanda dipotong-potong.masukan kedalam blender, tambahkan es batu, lalu blender sampai halus. Tuang kedalam gelas, tambahkan susu kental manis / madu/ sirup secukupnya. konsumsi 1-2 kali sehari.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top