Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Berbagai cara mengatasi kolesterol tinggi bisa anda lakukan melalui pemanfaatan ramuan herbal dengan penggunaan bagian akar tanaman, daun, buah, sampai bunganya. Ternyata, bagian tanaman lainnya yaitu biji buah, bisa juga dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, salah satu tanaman yang memiliki khasiat dari biji buahnya ini adalah pepaya.

cara mengatasi kolesterol tinggi

Mungkin selama ini anda tidak menyadari, bagian buah pepaya yang dianggap tidak bermanfaat ini memilki khasiat sebagai obat herbal, salah satunya dapat diolah menjadi obat alami penurun kolesterol terutama jenis LDL dalam tubuh. Sehingga biasanya anda akan membuang bagian biji pepaya ketempat sampah.

Manfaat biji pepaya untuk mengatasi kolesterol

Manfaat biji pepaya dalam mengatasi kolesterol ini tidak terlepas dari kandungan zat dan senyawa aktif didalamnya, diantaranya alkaloid, flavonoid, saponi anthraquinones, anthocyanosides, dan tanin. Zat dan senyawa tersebut bisa memberikan efek hipolipidemia ( menekan sekresi kolesterol LDL). Biji pepaya memiliki kadar saponin cukup tinggi. Saponin termasuk kedalam senyawa fitokimia yagn berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dengan cara menghambat penyerapan kolesterol di usus, menurunkan konsentrasi kolesterol plasma, dan menghambat oksidasi kolesterol LDL. Senyawa lainnya yaitu flavanoid berperan dalam menangkap radikal bebas yang merugikan.

Cara mengatasi kolesterol dengan memanfaatkan biji pepaya yaitu dengan mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus. Anda bisa memblender biji pepaya secukupnya, atau bisa langsung memblender biji berikut daging buahnya, sehingga rasa dari jus biji pepaya tetap enak dilidah. Jus ini bisa anda konsumsi secara rutin pagi dan sore masing-masing satu gelas.

Cara pengolahan lainnya yaitu dengan mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu. Setelah kering, anda bisa menghaluskannya dengan cara diblender. Biji pepaya kering yang telah halus ini bisa anda seduh seperti membuat kopi. Berikut cara pengolahan biji pepaya menjadi ramuan obat berbentuk bubuk.

Pertama cuci bersih biji pepaya, lalu keringkan dibawah sinar matahari selama 2-3 hari / sampai biji benar-benar kering. Proses selanjutnya yaitu dengan memblender biji pepaya kering sampai menjadi serbuk. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh serbuk biji pepaya dengan secangkir air panas. Tambahkan gula atau madu untuk menambah rasa. Minum selagi hangat 1 cangkir setiap hari.

manfaat biji pepaya kering
biji pepaya kering

Selain dapat digunakan untuk mengatasi kolesterol tinggi. Manfaat biji pepaya lainnya yaitu bisa mengatasi kanker usus, menetralisir racun dalam ginjal sehingga tidak membahayakan ginjal anda, dan membunuh parasit yang ada dalam pencernaan,

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top