Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Beluntas merupakan tanaman semak dengam banyak cabang. Tanaman ini tumbuh liar di daerah kering dengan tekstur tanah keras berbatu. Masyarakat Indonesia terutama penduduk jawa barat menjadikannya sebagai tanaman pagar yang sering dimanfaatkan bagian daun mudanya sebagai lalapan.

manfaat beluntas


Klasifikasi ilmiah dan kandungan kimia beluntas

Klasifikasi ilmiah
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Asterales
  • Famili : Asteraceae
  • Genus : Pluchea
  • Spesies : P. indica
  • Nama binomial : Pluchea indica

Nama daerah

Baluntas, baruntas (sunda), luntas (jawa), beluntas (melayu), lamutasa (Sulawesi), lenabou (timor).

Kandungan kimia

Banyak zat dan senyawa penting yang terdapat dalam beluntas, baik yang terdapat pada bagian akakr ,daun, dan buahnya, diantaranya: alkaloid, flavonoid, minyak atsiri, chlorogenik, tanin, alumunium, kalsium, kalium, natrium, magnesium, dan fosfor banyak terkandung pada bagian daun beluntas. Sedangkan akar banyak mengandung tanin, dan flavonoid.

Efek farmakologis

Kandungan kimia dalam beluntas, memberikan beberapa efek farmakologis yang baik untuk tubuh diantaranya efek stomakik (meningkatkan nafsu makan), antipiretik (pereda demam), diaforetik (peluruh keringat), membantu pencernaan, dan memberikan efek menyejukan.

Ciri umum tanaman

pohon beluntas
  1. Merupakan perdu kecil yang tumbuh tegak dengan tinggi pohon bisa mencapai 2 meter. Pohon bercabang banyak, berbulu halus.
  2. Daun bentuk bulat telur sunsang, warna hijau terang. bertangkai pendek, letak daun berseling, bagian tepi bergerigi dan berkelenjar. Daun memiliki ukuran panjang 2.5-9 cm dan lebar 1-5.5 cm.
  3. Bunga majemuk, bentuk malai rata. Tumbuh pada ujung tangkai dan ketiak daun. Bunga bentuk bonggol / duduk, tumbuh bercabang-cabang. Warna bunga putih kekuningan hingga ungu.
  4. Buah longkah dengan bentuk menyerupai gasing, ukuran kecil, tekstur keras ,warna cokelat, putih pada bagian sudut. Biji buah brukuran kecil dengan warna cokelat keputih-putihan.
  5. Perkembangan dengan cara stek.

Manfaat beluntas.

Manfaat beluntas untuk kesehatan diantaranya dapat dijadikan obat herbal untuk mengatasi bau badan, perut kembung, TBC, gangguan pencernaan terutama pada anak-anak, mengurangi rasa nyeri pada tulang, rhematik, obat herbal keputihan, haid tidak lancar, sakit pinggang, menghilangkan mulut, menurunkan demam, luka karena tersayat, kudis, borok, dan scabies.

Pemanfaatan beluntas sebagai salah satu tanaman obat bisa dengan cara meminum air rebusannya sebagai obat dalam, atau ditumbuk sampai halus untuk digunakan sebagai obat luar dengan cara menempelkannya pada bagian tubuh yang sakit.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top