Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Penggunaan tapak liman sebagai obat herbal keputihan dikarenakan tanaman terna ini memiliki beberapa efek farmakologi seperti sifat antiradang, antijamur,dan juga antiseptik pada semua bagian pohonnya.

zat dan senyawa dalam tapak liman baik untuk obat herbal keputihan

Berbagai efek farmakologis yang dimiliki tapak liman tidak terlepas dari sejumlah zat dan senyawa yang terkandung didalam tanaman tersebut baik pada bagian akar, batang, ataupun daunnya, diantaranya seperti: lipenol, lupeol, lupeol acetat, elephantopin, deoxyelephantopin, triacontan, stigmasterol, triacontan-1-ol, dotriacontan-1-ol, dan epriellinol.

Antiradang yang dimiliki tapak liman berkhasiat dalam mengatasi berbagai jenis radang seperti radang tenggorokan, usus, maupun radang rahim atau keputihan. Sedangkan Antibakteri dan antiseptik berperan dalam membasmi kuman, dan parasit-parasit lainnya yang menimbulkan penyakit.

Ramuan obat keputihan dari tapak liman

tapak liman kering

Untuk mendapatkan manfaat dari tapak liman sebagai obat herbal keputihan, Anda bisa menggunakannya sebagai obat dalam dengan cara merebus salah satu atau semua bagian pohon tapak liman baik yang masih segar atau kering. Berikut beberapa ramuan obat herbal untuk keputihan dengan memanfaatkan tapak liman

Resep pertama
3 batang tapak liman segar, 4 gelas air. Cuci batang tapak liman sampai bersih, lalu rebus menggunakan api kecil. Tunggu sampai air rebusan tersisa setengahnya.angkat dan dinginkan. Saring air rebusan dan bagi dua. Minum pagi dan sore @ satu gelas.

Resep kedua
1 pohon tapak liman segar, ¼ genggam daun sambiloto, ¼ genggam meniran, daun sirih segar 3 lembar, kunyit dan temu kunci @ 1 ruas. Cuci bersih semua bahan lalu rebus dengan 4 gelas air. Biarkan sampai tersisa 2 gelas. Angkat dan saring. Bagi tiga air rebusan tersebut. gunakan untuk 3 kali minum pagi, siang, dan malam.

Selain bermanfaat untuk obat herbal keputihan, tapak liman bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti mengurangi rasa nyeri ketika haid, membantu melancarkan haid,dan bisa juga digunakan untuk memperbesar ukuran payudara.

Resep untuk atasi nyeri haid

1 pohon tapak liman segar, rimpang temulawak 2 ruas, kunyit 1 ruas, daun sambang colok 1 genggam, asam jawa dan gula merah @ 1 sdm. Cuci bersih semua bahan kecuali gula dan asam jawa. Lalu rebus dengan 4 gelas air, tambahkan gula dan asam jawa. Setelah menyusut setengahnya, angkat rebusan dan dinginkan. Saring dan bagi tiga air rebusan tersebut. Untuk mengatasi nyeri ketika haid, anda bisa minum ramuan 3 kali sehari.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top