Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang sangat serius. Bila penanganannya tidak sesegera mungkin, bisa menimbulkan kematian. Demam berdarah lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan orang dewasa, karena sistem kekebalan anak lebih rendah.

Tanaman obat untuk demam berdarah

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti yaitu nyamuk yang memiliki ciri khas pada badan dan kakinya bergaris-garis. Nyamuk aedes lebih sering menggigit tubuh manusia pada pagi hari. efek yang ditimbulkan yaitu dapat menurunkan kadar trombosit darah sehingga darah menjadi membeku, pendarahan, dan kebocoran pada pembuluh darah.

Seseorang yang terkena demam berdarah, akan mengalami gejala awal seperti:
  1. Tubuh mendadak demam tinggi, yang disertai sakit kepala, perut mual dan muntah-muntah.
  2. Perut terasa sakit, muncul batuk, dan napas terasa sesak.
  3. Selang beberapa hari, akan terjadi syok, jari tangan dan kaki akan terasa dingin.
  4. Timbul bintik-bintik merah, diikuti dengan buang besar secara terus menerus yang terkadang bercampur darah.
  5. Bila penyakit semakin parah, sering muncul pendarahan pada bagian hidung dan putih mata.

Perawatan ketika terserang demam berdarah

Ketika terserang penyakit DBD akut, pasien harus segera mendapatkan perawatan medis Karena jika dibiarkan bisa menyebabkan kematian. Untuk membantu proses penyembuhan, anda bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman obat yang berkhasiat dalam memulihkan kondisi kesehatan tubuh penderita, juga dapat membantu meningkatkan kadar trombosit darah yang telah rusak akibat virus dengue.

1. Pepaya gandul
Kandungan papain pada daun pepaya gandul dapat memberikan efek terapi pada penderita inflamasi organ hati yang umumnya dialami oleh penderita demam berdarah. Daun pepaya juga memiliki efek farmakologis yang penting bagi tubuh diantaranya antioksidan, dan antikoagulan.

2. Meniran
Meniran memilki beberapa efek farmakologis yang bermanfaat untuk penderita DBD, antara lain: anti virus yang dapat membunuh virus dengue penyebab DBD, antidiare dapat membantu menghetikan buang air besar pada penderita DBD. Ekstrak meniran juga dapat meningkatkan kadar trombosit darah.

3. Kunyit
Rimpang kunyit adalah salah satu bahan herbal yang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Khusus untuk DBD, ekstrak rimpang kunyit bersifat antivirus dan antioksidan yang dapat mencegah berkembangnya virus dengue dalam tubuh.

4. Temu ireng
Tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kerusakan sel-sel pada hati akibat efek negatif DBD.

5. Jambu biji
 Daun jambu biji mengandung antibiotik, dan antidiare. Ekstrak daun biji juga mampu megnhambat enzim yang dikeluarkan virus dengue. Enzim ini dapat memberikan efek negatif bagi sel-sel organ tubuh dan juga berkhasiat dalam menaikan kadar trombosit darah.

6. Daun ubi jalar
Sama halnya dengan daun jambu biji dan temu ireng, penggunaan daun ubi jalar sebagai obat herbal DBD dapat membantu meningkatkan trombosit darah dengan baik.

Mengenai khasiat dari tanaman obat diatas dalam mengatasi Demam berdarah, akan diulas pada artikel-artikel selanjutnya.

About Tata gunawan

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top