Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sebelum kita mengulas tentang berbagai jenis tanaman obat penurun kolesterol. Mari sedikit kita bahas apa yang disebut dengan kolesterol dan mengapa bisa bisa membahayakan kesehatan bila kadarnya terlalu tinggi.

ulasan lengkap tanaman obat penurun kolesteroljahat total dan LDL

Kolesterol adalah salah satu zat lemak yang sangat dibutuhkan tubuh. Zat ini sebagian besar diproduksi dalam tubuh manusia khususnya oleh organ hati, sebagian kecil lagi berasal dari makanan yang kita makan.  Fungsi dari kolesterol untuk tubuh diantaranya untuk membantu pembentukan hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita, sebagai sumber energi, dan juga pembentukan vitamin D.

Kolesterol memiliki sifat sukar larut dalam darah. Untuk itu, agar bisa disalurkan keseluruh tubuh, maka kolesterol disentesis dalam hati dengan protein. Gabungan keduanya disebut lipoprotein. Ada beberapa  jenis lipoprotein dalam darah, dua diantaranya yaitu HLD dan LDL.

HDL ( High Density Lipoprotein)  tidak berbahaya bagi tubuh karena membawa kolesterol lebih sedikit dan  dapat membuang kelebihan LDL di pembuluh arteri ke liver untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dari dalam tubuh. Sedang kah LDL (Low Density Lipoprotein) tergolong berbahaya bagi tubuh Karena paling banyak membawa kolesterol sehingga dapat mengendap pada pembuluh darah arteri dan akhirnya membentuk plak yang dapat mempersempit rongga pembuluh darah. Kondisi ini akan menyebabkan aliran darah terganggu dan juga bisa memicu timbulnya penyakit jantung, stroke , tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Artikel menarik lainnya:

4 jenis tanaman penurun kolesterol jahat

Beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh, konsumsi buah-buahan dan sayuran sehat yang tidak menaikan kadar kolesterol sekaligus menurunkannya, dan manfaatkan juga penanganan medis untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah anda.

Selain langkah-langkah diatas, anda juga bisa mengkonsumsi beberapa tanaman obat yang berkhasiat dalam membantu menurunkan kadar koleterol dan menjaganya tetap stabil. Berikut sejumlah tanaman obat penurun kolesterol yang bisa dimanfaatkan beberapa bagian pohonnya sebagai bahan ramuan obat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

aneka jenis tanaman berkhasiat

1. Alpukat
Zat dan senyawa dalam buah alpukat baik untuk kesehatan, juga berkhasiat dalam menurunkan kadar trigliserida dan Kolesterol darah.

2. Belimbing manis
Kandungan serat dalam buah ini mampu menekan penyerapan kolesterol berlebih oleh tubuh.

3. Bawang merah
Kandungan senyawa flavanoid didalamnya dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan glukosa dalam darah.

4. Bawang putih
Salah satu penelitian menyebutkan, konsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol sekitar 10% dari dalam tubuh.

Selain 4 jenis tanaman yang disebutkan diatas, masih ada banyak tanaman obat penurun kolesterol lainnya yang bisa anda gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dari dalam tubuh diantaranya yaitu: Daun salam, Buah mengkudu, Kulit manggis, Daun sukun, temulawak, kunyit, seledri, sambiloto, labu siam, kacang tanah, angkak, kubis, sarang semut, dan daun dewa

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Tanaman herbal apa saja yang bisa untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi serta bisa untuk mengobati penyakit jantung ? mohon pencerahan tanaman penurun kolesterol nya.

    BalasHapus


Top