Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Tanaman obat untuk atasi batuk - menyebut batuk sebagai penyakit sepertinya kurang tepat, karena Batuk itu sebenarnya merupakan salah satu reaksi tubuh untuk mengeluarkan lendir pada tenggorokan atau debu dan asap yang masuk kedalam saluran pernapasan. Batuk juga terjadi kaena adanya komplikasi dari penyakit lain diantaranya seperti flu, tbc, penyakit pada kerongkongan, perubahan udara, dan radang tonsil.

Berbagai jenis tanaman obat herbal batuk untuk anda ketahui

Berdasarkan waktu terjadinya, batuk bisa dibagi menjadi dua jenis yaitu batuk akut (terjadi kurang dari 14 hari) dan batuk kronis  (terjadi lebih dari 14 hari). sedangkan berdasarkan jenisnya, batuk bisa dikelompokan menjadi dua yaitu batuk berdahak dan kering. Batuk kering umumnya terjadi karena adanya peradangan pada tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas tanpa disertai lendir. Batuk berdahak juga terjadi pada tenggorokan dan saluran pernapasan atas, tapi disertai lendir, batuk berdahak biasanya terjadi ketika kita sedang terserang flu.

Batuk akan sembuh dengan sendirinya seiring dengan hilangnya faktor-faktor penyebab batuk. Tapi bila belum berhenti dalam jangka waktu lama, sebaiknya anda segera konsultasikan ke dokter, karena dikhawatirkan ada penyakit lainnya dalam tubuh anda yang memicul terjadinya batuk.

Aneka jenis tanaman obat untuk mengatasi batuk

Untuk membantu menghilangkan batuk. Selain menghindari faktor-faktor penyebab batuk, anda juga bisa memanfaatkan beberapa ramuan obat herbal yang berasal dari berbagai jenis tanaman obat herbal yang berkhasiat mengobati batuk berdahak ataupun kering. Berikut beberapa diantaranya:

1. Jeruk nipis
buah jeruk nipis
Air perasan jeruk nipis bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal batuk berdahak ataupun kering.

2. Jahe
Selain memberikan efek menghangatkan, ekstrak dari rimpang jahe dapat mengencerkan dahak pada saluran pernapasan.

3. Kencur
Kencur memiliki khasiat yang sama dengan jahe. Oleh karena itu, penggunaannya bisa dipadukan dengan jahe untuk lebih meningkatkan kemapuannya dalam mengatasi batuk. Selain mampu meredakan batuk, kencur juga bisa anda guankan untuk atasi maag. baca artikelnya lengkapnya: tanaman obat untuk atasi maag.

4. Sirih
Air rebusan dari daun sirih juga dapat memberikan manfaat begitu besar bagi kesembuhan batuk yang anda derita.

5. Belimbing wuluh
Rasa asam yang dimilikinya ternyata ampuh untuk melegakan saluran pernapasan dan mengecerkan dahak.

6. Kunyit
Ekstrak dari rimpang kunyit bis meringankan jenis batuk kering.

7. Lada putih
Campuran lada putih dengan madu bisa menjadi obat herbal untuk batuk kering

8. Daun kemangi
 Air rebusan daun kemangi bisa diberikan kepada mereka yang menderita batuk kering

9. Serai
Bagian yang digunakan adalah akarnya. Khasiatnya dapat mengatasi batuk kering.

Tanaman obat tradisional untuk atasi batuk lainnya yang bisa dimanfaatkan antara lain asam( dimanfaatkan bagian daunnya), teh, mawar ( dengan memanfaatkan bagian bunganya).

Selain dengan memanfaatkan tanaman obat untuk atasi batuk diatas, cara sederhana yang bisa dilakukan ketika anda terserang batuk, yaitu dengan minum air putih. Selain dapat memberikan efek hangat bagi tubuh, air hangat juga dapat membantu mengeluarkan dahak secara alami.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top