Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Penggunaan sambiloto sebagai bahan ramuan obat herbal asam urat mungkin baru dimanfaatkan oleh sebagian kecil masyarakat. Hal ini cukup beralasan, dikarenakan tanaman ini belum begitu familiar dibandingkan tanaman lainnya seperti kumis kucing, salam dan sebagainya. Tapi bila berbicara tentang khasiatnya, kemampuan sambiloto dalam mengobati berbagai penyakit khususnya asam urat tidak kalah bila dibandingkan dengan jenis tanaman obat asam urat lainnya.

khasiat sambiloto sebagai tanaman obat herbal asam urat

Sambiloto merupakan salah tanaman yang berasal dari asia. Di Indonesia sendiri, sambiloto banyak tumbuh didaerah jawa. Tekstur tanah dan juga iklim yang cocok, menjadikannya bisa tumbuh dengan baik dibeberapa daerah di Indonesia.

Sambiloto terutama pada bagian daun dan batangnya, banyak terkandung sejumlah garam mineral penting seperti kalium, natrium, dan kalsium. Terdapat juga beberapa senyawa penting seperti flavanoid, aldehid, alkane dan keton. Kandungan zat dan senyawa yang terkandung dalam tanaman sambiloto tersebut bersifat antiradang dan memberikan efek diuretik.

Mengenai manfaat dari tanaman sambiloto sebagai obat herbal asam urat. Sifat antiradang yang  dimilikinya mampu mengatasi perandangan sebagai akibat timbunan asam urat pada sendi. Kandungan flavanoid mampu menurunkan kadar asam urat berlebih dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui saluran pembuangan. Konsumsi ekstrak sambiloto mampu memberikan efek diuretic yang dapat meningkatkan produksi dan melancarkan pengeluaran aliran seni.

Membuat ramuan obat herbal asam urat dari sambiloto

Untuk membuat ramuan obat herbal asam urat dengan sambiloto, anda bisa memanfaatkan tangkai sekaligus daunnya. Penggunaannya sebagai bahan ramuan bisa dalam keadaan masih segar atau di keringkan terlebih dahulu. Berikut cara pembuatan ramuan obat dari daun sambiloto berikut bahan yang diperlukan.

daun sambiloto kering untuk ramuan obat

Resep pertama.
20 gram daun sambiloto kering, rebus dengan 2 gelas air, biarkan sampai tersisa satu setengah gelas. Anngkat dan dinginkan, kemudian saring. Minuam air rebusan tersebut 2 kali sehari.

Resep kedua.
Siapkan daun sambiloto kering secukupnya. Haluskan lalu masukan kedalam gelas. Seduh dengan air panas kemudian diamkan beberapa saat agar kandungan zat dan senyawa dalam daun sambiloto larut kedalam air. Minum ramuan obat herbal asam urat inisetiap pagi dan sore @ satu gelas.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top