Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Obat herbal infeksi saluran kemih - Calincing merupakan salah satu tumbuhan terna yang memiliki banyak khasiat dalam dunia pengobatan, salah satunya mampu mengatasi peradangan dan juga infeksi yang terjadi pada saluran kencing akibat adanya luka yang disebabkan bakteri ataupun batu ginjal.

Ramuan obat herbal infeksi saluran kemih dengan calincing

Calincing tumbuh merayap dengan panjang bisa mencapai 35 cm, memiliki daun majemuk berjari tiga dengan batang lunak yang bercabang-cabang. Tumbuh dengan baik didaerah lembab dengan ketinggian maksimal 3000 dpl.

Tanaman yang termasuk perdu ini kaya sekali akan asam oksalat , flavanoid ,saponin, folifenol, dan tanin. Kandungan kimia dalam calincing memberikanya beberapa efek farmakologis yaitu sifat sejuk, antiradang, antitoksin, antibiotik, penurun tekanan darah, peluruh haid, dan memberikan efek menenangkan.

Ramuan obat herbal infeksi saluran kemih

gambar pohon calincing

Untuk menjadikan calincing sebagai obat herbal infeksi saluran kemih, anda bisa membuatnya dengan mencampurkan calincing dan arak manis. Berikut cara pembuatan ramuannya.

Siapkan calincing segar dan arak manis @ 60 gram. Panaskan dengan menggunakan api kecil sampai tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan. Bagi tiga ramuan lalu minum 3 kali sehari @ 1/3 bagian.

Selain bermanfaat untuk mengobati infeksi saluran kemih, calincing juga bisa anda maksimalkan manfaatkan manfaatnya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit/ masalah lainnya pada tubuh diantaranya.

Untuk obat dalam ( dengan cara direbus dan diminum air rebusannya):
Melancarkan haid, menurunkan demam,tekanan darah tinggi, meredakan flu, diare, mengobati peradangan pada ginjal, hati, dan saluran pernapasan serta  sebagai obat hepatitis kronis.

Untuk obat luar ( calincing dihaluskan lalu digunakan sebagai obat balur):
Mengobati luka bakar, luka sayatan, gigitan serangga, koreng, mengatasi biang keringat dan lain-lain.

Perlu diperhatikan.

Karena kandungan asam oksalat dalam calincing terbilang cukup tinggi. Maka pemanfaatan calincing sebagai obat herbal infeksi saluran kemih atau penyakit lainnya, jumlahnya harus sesuai dosis yang dianjurkan dan penggunaannya jangan dilakukan secara terus menerus ,karena asam oksalat ini bersifat racun dan bisa memicu terjadinya batu ginjal. Bagi para ibu yang sedang mengandung, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi calincing, karena bisa membahayakan janin yang dikandungnya bahkan bisa menyebabkan keguguran.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top