Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Obat herbal infeksi ginjal - Pegagan atau antanan merupakan salah satu tanaman liar yang oleh sebagian masyarakat ( jawa barat) sering dijadikan lalapan untuk meningkatkan nafsu makan. Selain sebagai bahan makanan, ternyata pegagan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Satu dari sekian banyak manfaat yang dimilikinya yaitu bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi infeksi dalam ginjal. Kemapuannya ini menjadikan pegagan sebagai salah satu tanaman obat infeksi ginjal yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan.

pegagan obat herbal untuk atasi infeksi ginjal

Pegagan kaya sekali akan zat dan senyawa penting diantaranya:
asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, dan tannin. Pegagan juga mengandung beberapa  jenis garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, dan zat samak.

Beberapa zat dan senyawa yang dikandungnya, memiliki efek farmakologis seperti sifat anti bakteri, antiinflamasi, antitonik, dan memberikan efek diuretika.

Manfaat pegagan untuk infeksi ginjal dan saluran kemih

Dengan efek farmakologis yang dimilikinya tersebut, pegagan dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi ginjal dan saluran kemih.

  • Sifat anti-bakteri yang dimilikinya bisa melidungi saluran kemih dari gangguan bakteri jahat yang bisa menyebabkan infeksi.
  • Sifat anti-radang dapat mencegah terjadinya peradangan pada ginjal dan saluran kemih.
  • Sifat anti-toksin pada pegagan mampu melindungi ginjal dari racun serta zat sampah lainnya yang berbahaya bagi kesehatan ginjal.
  • Efek diuretik berguna dalam membantu meningkatakn produksi urin sekaligus melancarkan saluran kencing.

Selain bisa dijadikan obat herbal infeksi ginjal. Pegagan juga berkhasiat dalam membantu mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal, hal ini dikarenakan pegagan juga mengandung kalium yang berperan dalam meluruhkan batu ginjal yang berasal dari kristalisasi kalsium fosfat, serta mencegah terjadinya endapan kalsium dan zat sampah lainnya sehingga bisa menurunkan resiko terbentuknya batu ginjal.

Untuk mendapatkan manfaat pegagan sebagai obat herbal infeksi ginjal, anda bisa menjadikannya lalapan atau diolah dahulu menjadi ramuan obat.

1. Untuk mengatasi peradangan pada ginjal
Daun pegagan segar 1 kg, tumbuk halus lalu tambahkan ½ litar air masak, peras untuk diambil airnya. Minum air perasan tersebut secara rutin.

2. Untuk melancarkan buang air kecil
Siapkan pegagan yang masih segar sebanayak 30 gram, tumbuk sampai halus, gunakan sebagai obat luar yaitu dengan cara menempelkan ramuan tersebut di sekitar pusar.

Pegagan tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan saluran kencing. Tapi lebih dari itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa rasakan dengan mengkonsumsi pegagan bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat lain dari pegagan:

Membersihkan darah dari toksin dan radikal bebas lainnya, melancarkan peredaran darah, membantu memperkuat daya ingat, meningkatkan stamina tubuh, mengatasi stress, memberikan efek tenang pada tubuh, menurunkan tekanan darah, mengatasi iritasi pada mata, mengobati batuk kering, batuk darah, menghentikan mimisan, mengobati luar pada kulit luar, meningkatkan nafsu makan, mengobati pembengkakan pada hati, obat herbal untuk campak dan lepra, demam, bisul, wasir, radang paru-paru, muntah darah, dan lainnya.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top