Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

tanaman obat herbal :: Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit kronis yang memiliki angka penderita cukup tinggi.penyakit ini disebabkan karena kurangnya kandungan insulin dalam tubuh, dan juga ketidakmampuan tubuh dalam memanfaatkanya.

Penderita diabetes akan mengalami kenaikan gula darah akibat adanya gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Diabetes adalah satu dari sekian jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan, pengobatan dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah agar jumlahnya tetap normal.

tanaman obat diabetes mujarab

Untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, selain dengan pengobatan medis, para pendetita diabetes bisa juga memanfaatkan beberapa ramuan herbal dari tanaman yang memiliki khasiat dalam menjaga kestabilan gula dalam darah.

Aneka jenis tanamn obat diabetes

Berikut beberapa jenis tanaman obat diabetes yang bisa digunakan:

1. Jahe
Ektrak jahe mengandung gingerols yang baik untuk penderita diabetes, zat ini bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap glukosa pada sel otot secara independen dari insulin. Jahe juga termasuk kedalam 12 tanaman obat asma.

2. Cengkeh
Konsumsi buah cengkeh bisa mengontrol penyakit diabetes dengan menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Manggis
Kulit buah yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Kandungan senyawa xanthone dalam kulit manggis bisa menginduksi insulin dalam tubuh. Xanthone juga berberan dalam memperbaiki sel beta pankreas yang rusak, dimana fungsi dari sel ini yaitu memproduksi insulin dalam tubuh.

4. Pare
Konsumsi pare bisa membantu menurunkan gula darah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan pare mengandung polipeptida yang memiliki peran hampir sama dengan insulin yaitu sebagai pengontrol gula darah.

5. Brotowali
Konsumsi brotowali dapat membantu meningkatkan kinerja sel-sell beta pancreas dalam memproduksi insulin.

6. Sambiloto
Mengkonsumsi air rebusan daun sambiloto setiap hari dengan takaran yang sesuai dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

7. Kumis kucing
Selain dimanfaatkan dalam pengobatan batu ginjal, air rebusan daun kumis kucing juga bisa mengontrol kadar gula pada penderita diabetes.

8. Pegagan
Sama seperti kumis kucing, pegagan merupakan tanaman obat yang memiliki banyak khasiat, salah satunya bisa membantu menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

9. Tapak dara.
Kemampuan tapak dara dalam mengobati penyakit diabetes sudah dibuktikan secara ilmiah, kandungan zat dalam daun dan bunga tapak darah bisa mengontrol kadar gula darah dengan baik.

10. Ruellia Tuberosa
gambar tanaman ruellia tuberosa
Nama lain dari tanaman terna ini adalah pletekan, pletikan, atau ceplikan. Kemampuan tanaman ini dalam mengatasi penyakit diabetes tidak lepas dari kandungan senyawa alkaloid didalamnya.

11. Sirih merah
Pada bagian daun sirih merah terkandung alkaloid yang mampu menjaga kestabilan gula darah dan menekan produksi glukosa dalam hati.

12. Lidah buaya
Selain sebagai tanaman hias, Lidah buaya juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang cukup berkasiat. Kita bisa memanfaatkan bagian daun lidah buaya sebagai obat alternatif untuk membantu menurunkan gula darah.

Tanaman obat untuk diabetes lainnya selain yang telah disebutkan diatas yaitu mahkota dewa, mengkudu, teh hijau, bawang putih, buncis, dan daun salam.

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top