Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Tanaman obat untuk asma- Penyakit Asma terjadi karena adanya gangguan pernapasan yang terjadi sebagai akibat perandangan dan pembengkakan saluran udara pada bagian paru-paru. Penderita asma akan mengalami kesulitan bernapas karena saluran udara mengencang dan menyempit.

tanaman obat asma
Penyakit asma umumnya disebabkan oleh kombinasi faktor genetika dan lingkungan. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit asma diantaranya : faktor keturunan, terkena asap rokok, mengalami infeksi pada saluran pernapasan ketika kecil, polusi udara, zat kimia, kegemukan dan banyak faktor lainnya.

Aneka jenis tanaman untuk obat asma

Penyakit asma bisa diobati baik dengan penangan medis ataupun memanfaatkan sejumlah ramuan obat herbal yang berasal dari bagian-bagian tumbuhan. Untuk membuat obat herbal penyakit asma ini, anda bisa menggunakan satu bahan ataupun kombinasi dari beberapa bagian yang diambil dari aneka tanaman obat. Berikut adalah 12 tanaman obat untuk mengobati asma yang bisa anda manfaatkan.

1. Kecubung
bagian yang dimanfaatkan yaitu daun dan bunganya. Pada kedua bagian tanaman kecubung tersebut, terkandung dua zat aktif yang mampu melebarkan kembali saluran yang menyempit akibat serangan asma. Kedua zat tersebut yaitu hipociamin dan skopolamin.

2. Jahe merah
Rimpang jahe merah mengandung sejumlah mineral penting yang dapat menghambat produksi enzim lipoksigenase. Jumlah enzim lipoksigenasi berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pernapasan.

3. Kunyit
Rimpang mengandung zat kurkunim yang terbukti ampuh dalam meredakan asma khususnya pada anak-anak.

4. Bengkuang
bunga tanjung bisa untuk obat asma
Dalam bengkuang terkandung banyak sekali vitamin dan mineral penting, didalamnya terdapat juga zat antihistamin yang berperan dalam mencegah produksi histamin yang memicu alergi. Konsumsi bengkuang secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita asma.

5. Sirih
Didalam tanaman herbal yang satu ini banyak terkandung minyak atsiri yang bersifat melegakan dan memberikan efek hangat pada saluran pernapasan.

6. Kencur
Rimpang kencur kaya akan minyak atsiri, senyawa penting ( kamper, etil alkohol, dan borneol sineol ) yang bisa menyegarkan pernapasan.

7. Temulawak
 Mengandung zat antiinflamasi yang dapat meredakan radang.

8. Bawang putih
Mengkonsumsi bawang putih dapat membantu mencairkan dahak dan melegakan pernapasan. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung ekspektoran.

9. Jintan
khasiat tanaman senggugu untuk hilangkan sesak napas
Minyak aromatic yang dihasilkan dari biji jintan bisa membantu meringankan sesak napas.

10. Lidah buaya
Pada bagian daun lidah buaya, terkandung senyawa antiinflamasi yang berguna untuk mengobati peradangan dan mengurangi produksi lender sehingga napas menjadi lebih lega.

11. Genjer : Bagian yang dimanfaatkan yaitu akar dan daunnya.

12. Senggugu / srigunggu
Bagian daun dari tanaman ini memiliki efek farmatologis dimana bisa memberikan rasa hangat dan menyegarkan pada pernapasan anda.

Tanaman obat asma lainnya yang bisa anda manfaatkan sebagai obat pereda asma antara lain: Daun seledri, Daun randu / kapuk, Lengkuas, Daun pacu kuda, Keningar, Bunga kenanga, buah Pare, Daun kemangi, Akar tapak dara, Tampal besi, Daun patikan kerbau, Buah ceremai, Daun ki tolod, Daun tanjung,

About Unknown

Terima kasih atas kunjungan anda di blog tanaman obatherbalkeluarga.blogspot.co.id. semoga blog ini bisa memberikan banyak manfaat kepada anda semua.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top